Cara Memanaskan Mesin Motor Dengan Benar

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mengisinya dengan kegiatan memanaskan sepeda motor. Pada umumnya pemilik kendaraan roda dua ketika memanaskan motor dipagi hari membiarkan begitu saja secara stasioner, mungkin dikarnakan banyak hal yang harus diselesaikan dipagi itu. Sambil menyelesaikan pekerjaan lain motor dipanaskan dan dibiarkan saja tanpa di geber-geber.

Padahal cara memanaskan seperti itu kurang tepat. Sevice Advisor Mitra Jaya Depok, dealer resmi Honda, Izan ismail, mengatakan bahwa memanaskan motor dengan hanya membiarkan mesin dalam kondisi stasioner adalah pemanasan yang sia-sia, karna oli belum seutuhnya melumasi bagian-bagian mesin.

Cara memanaskan motor dengan dibiarkan saja itu sama aja bohong. Karna jika dipanaskan hanya secara stationer oli belum secara maksimal melumasi bagian-bagian mesin yang berada di posisi atas berapa pun waktu pemanasannya,’’ kata izas.

Iza memberikan saran mengenai cara yang tepat agar oli secara maksimal terdistribusi keseluruh bagian mesin-mesin pada motor yaitu dengan cara membetot gas.

“Jadi ketika anda memanaskan motor anda maka bagusnya digas saja sampai RPM (rotation per minet) 3.000. dan jangan lupa untuk menyalakan lampu jarak jauh sebab ketika lampu jarak jauh dinyalakan mesin akan bekerja secara maksimal,’’ tuturnya.

Jiak kebanyakan orang beranggapan harus memanaskan motor membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit, maka dengan menggunakan cara ini tidak perlu memerlukan waktu selama itu, terlebih memang anda dalam kondisi terburu-uburu.

‘’Jadi poin terpenting yang perlu diperhatikan ketika memanskan motor yaitu digas atau tidak, buka dipanaskan atau tidak. Tidak memerlukan waktu lama, hanya satu menit saja sudah cukuk,’’tambahnya.

Ruangan komen telah ditutup.