Cara Melewati Jalanan Rusak Berlubang saat Berkendara

lubang

BintangOtomotif.com – Bagi kita semua yang sering menghabiskan waktu dijalanan untuk berkendara pastinya pernah melewati jalanan yang memiliki tekstur kurang baik bahkan penuh lubang terutama ketika kita harus melewati jalur alternatif untuk menghindari kemacetan pada jalan utama. Tentu saja hal tersebut cukup mengganggu kenyaman saat berkendara baik sepeda motor maupun mobil. agar selama berkendara tetap lancar ada beberapa tips yang akan kita bagi untuk anda apabila sedang melewati jalanan yang bergelombang atau kurang rata.

Informasi yang dirilis oleh National Traffic Management Centre (NTMC) Korlantas Polri bahwa melewati jalur berlubang sangatlah berbahaya khususnya bagi pengendara sepeda motor karena jika sampai tergelincir justru bisa mengancam keselamatan si pengendara. Apalagi ditambah dengan kondisi lalu lintas yang sering kali padat kendaraan berlalu lalang sehingga perlu kewaspadaan serta bagaimana cara melintas jalan tersebut dengan benar. Berikut informasi tips melewati jalan rusak yang diberikan oleh pihak NTMC Korlantas Polri.

1. Tetap Berkonsentrasi
Yang paling penting yang harus diperhatikan semua pengemudi kendaraan bermotor adalah selalu waspada dan fokus. Bagi anda yang sudah hafal kondisi jalan serta letak lubang pada jalan sebaiknya persiapkan diri ketika kendaraan masih dari jauh dan segera berpindah jalur atau menghindari apabila ada lubang.

2. Jaga jarak antar kendaraan
Untuk memberikan rasa aman sebaiknya jaga jarak dengan mobil ataupun motor yang berada di depan anda. jika terlalu dekat dikhawatirkan ketika kendaraan didepan tiba – tiba melakukan pengereman mendadak anda kurang begitu siap sehingga benturan pun tidak terhindarkan lagi. Jarak aman antara kendaraan adalah sekitar 10-30 meter.

3. Perlambat kendaraan
Apabila mendadak melihat lubang didepan kendaraan anda segeralah perlambat laju kendaraan dengan cara menutup putaran gas serta menginjak rem secara perlahan. Jika masih memungkinkan tengok kaca spion untuk memastikan tidak ada kendaraan lain yang terlalu dekat dengan kita. Usahakan juga tidak melakukan pengereman secara mendadakkarena selain membahayakan diri anda juga membahayakan bagi pengendara lainnya.

4. Selalu siap
Jika jarak ketika melakukan pengereman terlalu pendek dan sudah tidak ada waktu lagi untuk menghindar sebaiknya angkat pinggul anda lalu tekut lutut dan siku serta genggam setang kemudi dengan kuat. Cara tersebut bertujuan untuk menghindari benturan terlalu keras dan mencegah anda untuk jatuh dari kendaraan.

5. Waspada dengan kendaraan di depan
Jika anda mengetahui kendaraan didepan yang akan melewati jalanan berlubang sebaiknya anda segera mengurangi kecepatan anda dan jangan menyalip dari sisi pengendara tersebut untuk menghindari terjadinya senggolan. Kebanyakan pengendara akan saling menyalahkan ketika terjadi kejadian semacam itu. Untuk itulah anda sebaiknya lebih memilih memberi kesempatan pengendara lain untuk menghindari lubang terlebih dulu daripada anda menyalip dari arah samoping yang justru akan membahayakan anda.

Itulah beberapa tips yang harus anda lakukan ketika melintas jalan penuh lubang. Kondisi jalanan yang kurang mulus memang menjadi kendala tersendiri bagi pengguna motor maupun mobil terutama saat siang hari yang notabennya lebih banyak kendaraan berlalu lalang. Sudah cukup banyak kasus kecelakaan yang terjadi karena kurang mengertinya bagaimana cara menghadapi jalanan berlubang.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.