Cara Ganti Oli Gardan Pada Motor Matic Yang Paling Praktis

Ganti oli gardan untuk motor matic sama pentingnya dengan melakukan penggantian oli mesin. Cara ganti oli gardan juga cukup mudah karena bisa dilakukan di rumah seorang diri tanpa harus ke bengkel resmi. Anda bisa membeli oli gardan toko sparepart atau bengkel resmi motor matic.

Penggantian oli gardan menjadi salah satu rutinitas yang harus dilakukan oleh pemilik motor matic. Meskipun jangka waktu penggantiannya lebih lama dari oli mesin namun Anda tidak boleh mengabaikan perawatan motor satu ini.

Karena pada kenyataannya, banyak orang yang kurang perhatian untuk mengganti oli transmisi secara rutin bahkan biasanya lupa.

Kapan Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan?

Oli gardan adalah pembuat gesekan antara komponen transmisi sehingga tidak terjadi kerusakan pada motor matic. Fungsinya yaitu membuat komponen dalam transmisi kinerjanya semakin halus dengan cara melumasi bagian tersebut. Oli gardan yang tidak diganti akan membuat suara bising pada kotak CVT motor matic.

Anda juga perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan. Berapa bulan sekali ganti oli gardan? Sebaiknya Anda melakukan pergantian oli transmisi ini dalam jangka waktu 8 bulan sekali.

Namun Anda tidak hanya bisa berpatokan pada waktu penggantian saja tapi juga bisa melihat jarak tempuh kendaraan. Setidaknya kendaraan memerlukan penggantian oli transmisi ketika jarak tempuhnya sudah mencapai 8000 km.

Jika diatas jarak jarak tempuh tersebut Anda tidak melakukan penggantian oli gardan maka mesin kendaraan bisa rusak.

Baca Juga : 7 Oli Motor Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Cara Ganti Oli Gardan Untuk Matic

Bagaimana cara mengganti oli gardan? Sebelum melakukan sesi penggantian oli transmisi sebaiknya Anda terlebih dahulu mempersiapkan alat. Alat yang dibutuhkan adalah berupa wadah untuk menampung oli bekas.

Lalu Anda juga membutuhkan kunci T atau kunci Y dengan ukuran 12 dan selanjutnya tidak lupa untuk menyiapkan oli gardan yang baru. Harga oli gardan tidak terlalu mahal, mulai dari belasan ribu saja.

  • Pertama sekali yang harus Anda lakukan untuk mengganti oli adalah dengan memanaskan mesin motor.
  • Panaskan motor maksimal 15 menit, karena dalam kondisi hangat bisa lebih cepat membantu menurunkan tingkat kekentalan oli. Hal ini juga mempermudah pengurusan oli pada gear box.
  • Lalu Anda bisa mulai membuka baut di bagian pembuangan oli gardan. Umumnya tempat ini tempat berada di bawah gearbox motor matic Anda. Langsung letakkan tempat untuk menampung oli bekas agar tidak membuat motor area di sekelilingnya.
  • Biasanya waktu untuk pengurasan oli hingga 15 menit lamanya agar lebih optimal. Cara ganti oli gardan Vario 125 ini terbilang sangat mudah. Anda juga bisa mengoptimalkan pengurasan untuk mengeluarkan sisa oli yang mengendap dengan cara menurunkan terlebih dahulu stAndar samping motor dan memiringkannya.
  • Jika Anda sudah memastikan oli tidak lagi menetes maka pasang baut pembuangan oli yang tadi dibuka.
    Selanjutnya Anda akan melakukan pengisian oli, buka baut pengisian yang tempatnya ada di bagian atas pembuangan oli.
  • Buka botol oli gardan dengan memotong bagian kepalanya. Pada beberapa jenis motor pengisian lubangnya berada pada posisi horizontal. Maka strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengisi oli yaitu dengan meremas botol oli transmisi ini agar isinya keluar.
  • Setelah oli masuk semua, perhatikan terjadi kebocoran atau tidak? Jika tidak ada oli yang menetes maka proses penggantian oli transmisi ini sudah selesai dilakukan.

Demikian cara ganti oli gardan motor matic yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan bisa dicoba di rumah. Jika Anda biasanya melakukan penggantian oli di bengkel resmi, kini saatnya melakukannya secara mandiri.

Ruangan komen telah ditutup.