Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online

BINTANGOTOMOTIF.COM – Salah satu bukti otentik terkait kepemilikan sebuah kendaraan adalah dari plat nomornya. Setiap kendaraan yang ada di Indonesia memiliki plat nomor yang berbeda-beda. Plat nomor bisa diartikan sebagai jati diri atau identitas sebuah kendaraan bermotor.

Suatu saat, bisa jadi Anda akan sangat membutuhkan informasi terkait plat nomor sebuah kendaraan. Beberapa keadaan yang memungkinkan Anda memutuhkan informasi ini antara lain, misalnya:

  • Saat akan transaksi jual-beli kendaraan
  • Saat terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas
  • Dan lain-lain

Nah, terkait hal ini, maka berikut ini kami paparkan informasi tentang cara cek plat nomor kendaraan secara online untuk beberapa wilayah di Indonesia. Berikut informasinya:

  1. Cek plat nomor untuk wilayah DKI Jakarta: http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB dan http://www.sms1717.net/informasi-stnk.html
  2. Cek plat nomor untuk wilayah Jawa Barat: http://dispenda.jabarprov.go.id/info-data-kendaraan/
  3. Cek plat nomor untuk wilayah Jawa Tengah: http://dppad.jatengprov.go.id/?page_id=226
  4. Cek plat nomor untuk wilayah Jawa Timur: http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas
  5. Cek plat nomor untuk wilayah Medan: http://www.sms1717.net/informasi-stnk.html

Itulah beberapa informasi terkait cara cek plat nomor kendaraan secara online. Hanya saja, memang belum semua daerah atau propinsi di Indonesia memiliki website khusus yang berfungsi sebagai portal online yang berisi database nomor plat kendaraan. Sementara, yang tersedia hanya 5 daerah sebagaimana yang tertera di atas.

Dengan ketersedian website untuk mengecek informasi plat nomor kendaraan di atas, maka Anda bisa mengetahui, apakah plat nomor sebuah kendaraan itu asli atau tidak. Selain itu juga pastinya Anda akan bisa mengetahui status kepemilikan sebuah kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.