Cara Ampuh Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak Atau Mati

Jika ingin memperbaiki starter maka pastikan anda sudah mengetahui kerusakannya pada starter motor tersebut. Perhatikan apa kendalanya apakah suara yang kasar atau tidak mengeluarkan suara sama sekali. Ketika tombol starter ditekan akan tetapi motor starter tidak berputar, kemungkinan besar disebabkan oleh aki yang lemah. Yang perlu anda lakukan adalah memeriksa relay starter, rangkaian, aki dan motor starter itu sendiri.

  1. Relay starter atau bendik

Fungsi dari Relay starter atau bendik adalah sebagai saklar dari elektromagnetik untuk memutus atau mengubungkan arus listrik yang lumayan besar dari aki menuju starter motor. Cara mengeceknya yaitu dengan menyambungkan dua kabel (ada di socket biasanya) ke baterai ( + dan -), jika mengeluarkan suara CETAK itu artinya masih bagus. Jika tidak mengeluarkan suara kemungkinan besar relay starter atau bendik sudah mati, tidak ada cara lian selain anda harus menggantinya dengan yang baru.

  1. Aki atau baterai

Aki merupakan salah satu komponen yang penting dalam suatu kendaraan, karna listrik yang dihasilkan digunakan sebagai arus kelistrikan motor yang salah satunya yaiut digunakan untuk sistem starter. Jika tombol strater dipencet akan tetapi diam atau tidak mau berputar, maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah mengecek sumbernya yaitu baterai. Gunakan alat avo meter atau multimeter dan periksa tegangan baterainya. Jika baterai menunjukan tegangan sebesar 12 volt maka baterai itu masih memiliki baterai yang baik, jika kurang berarti baterai tidak lagi dalam kondisi yang baik bisa jadi karna pengisian yang kurang bagus atau memang sudah tidak layak pakai lagi.

  1. Rangkaian starter

Jika memang tegangan baterainya masih bagus maka anda perlu memeriksa rangkaiannya. Priksa rangkaian starter mulai dari kabel yang putus, socket-socket atau pada tombol starter yang kotor. Periksa menggunakan ultimeter untuk memeriksa apakah arus listrik mengalir atau tidak. Jika mendapatkan kabil yang terputus maka sambunglah bila perlu ganti dengan yang baru, dan jika tombol starternya yang kotor maka bersihkanlah menggunakan amplas yang halus.

  1. Motor starter atau dinamo

Memang kerusakan pada motor starter sangat jarang terjadi. Periksalan menggunakan multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel yang menuju motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan masa. Kemudian coba tekan tombol starter apakan mengeluarkan arus listrik yang mengalir atau tidak.

Jika ada maka dipastikan bahwa motor starter mati. Kerusakan tersebut bisa disebabkan yaitu brush yang sudah aus atau kumparan putus. Jika cuman brushnya saja yang aus, maka anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru, dan jika malah kumparannya putus alangkan baiknya anda serahkan ke tungkang sevis dinamo.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.