Bisa Dilakukan Sendiri, Ini Cara Mudah Setting Audio Mobil

Cara setting audio mobil bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Meski sedikit rumit, pengaturan audio bisa dilakukan sendiri. Bahkan juga bisa tanpa menggunakan alat khusus seperti Real Time Analyzer (RTA) maupun sejenisnya.

Sebelum memulai pengaturan audio mobil, penting untuk lebih dulu mengetahui stereo yang digunakan. Untuk beberapa jenis mobil, stereo yang digunakan bisa dilakukan pengaturan secara manual.

Sedangkan untuk jenis stereo lain, cara pengaturan termudah dilakukan dengan tuning amplifier.
Kedua cara pengaturan ini akan memberikan hasil audio maksimal. Selain itu juga bisa dilakukan sendiri.

1. Pengaturan Audio Mobil Standar

Pertama merupakan cara tuning audio mobil standar. Cara pengaturan ini bisa digunakan untuk beberapa jenis mobil dengan head stereo standar. Biasanya akan terdapat kelengkapan seperti Head Unit dan Speaker Full Range pada pintu depan.

Meski beberapa pabrikan mobil akan menggunakan Speaker Coaxial. Bahkan dilengkapi dengan tweeter pada pilar.

Pengaturan audio mobil standar cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Atur semua pengaturan di HU (head unit) pada titik 0. Meliputi Balance, Fader, Bass, Treble. Sampai Mid bila ada.
  • Atur volume sesuai kenyamanan dan putar lagu kesukaan. Sebaiknya lagu dengan bas yang tidak terlalu dominan.
  • Lakukan pengaturan pada Balance. Pada tahapan ini akan bisa didengar bahwa suara tidak seimbang. Ini karena dari bangku pengendara, suara speaker sisi kanan akan lebih kuat.
  • Pengaturan Balance akan menyeimbangkan kedua sisi speaker. Meski untuk audio standar, cukup sulit memberikan hasil yang benar-benar seimbang.
  • Pengaturan Fader menjadi langkah berikutnya. Kali ini untuk mengatur keseimbangan suara dari depan dan belakang.
  • Pengaturan Fader sebaiknya disesuaikan menurut pendengaran. Pasalnya jenis speaker yang digunakan pada mobil akan sangat berpengaruh untuk pengaturan ini.
  • Atur suara tinggi dan rendah. Pengaturan ini juga berdasarkan dari pendengaran. Di HU akan ada pengaturan suara tinggi, dengan Treble. Serta suara rendah dengan Bass.
    Selain itu juga ada yang memberikan pengaturan suara tengah dengan Mid. Atur keseimbangan antara suara tinggi dan rendah.
    Pengaturan langkah ini sebaiknya dilakukan dari suara tinggi, tengah, kemudian terakhir suara rendah.

Baca Juga : 7 Cara Merawat Mobil Agar Awet dan Selalu Nyaman

2. Pengaturan Audio Mobil Tuning Amplifier

Salah satu cara pengaturan untuk hasil audio mobil maksimal ialah dengan tuning amplifier. Amplifier sendiri akan mampu meningkatkan kualitas stereo dalam mobil. Menghasilkan keluaran audio yang lebih baik.

Kesalahan pengaturan tuning audio mobil akan menghasilkan noise atau distorsi. Bahkan sering juga terjadi storing pada audio mobil.

Berikut ini langkah untuk mengatur tuning amplifier audio mobil.

  • Gunakan CD test. Memasang lagu kesukaan memang bisa dilakukan. Meski untuk hasil terbaik gunakan CD test dalam pengaturan audi mobil.
  • Cara tuning amplifier sebenarnya sedikit rumit. Hanya saja pastikan pengaturan bar frekuensi menghadirkan suara penyanyi di bagian depan. Sedangkan instrumen berada di latar belakang.
    Pengaturan yang tepat akan memberikan suasana mendengarkan musik di konser.
  • Setting 1-kHz nada gelombang sinus di CD test. Setelah itu mulai perlahan mainkan nada. Hingga didapatkan audio yang tepat.
  • Atur gain pada amplifier hingga tidak terdengar distorsi atau noise.

Untuk hasil maksimal saat pengaturan audio mobil dengan tuning amplifier, bisa juga melakukan tuning frekuensi. Pilihan lain tentu saja dengan pengaturan Bass Boost.

Setiap amplifier sebenarnya terdapat Bass Boost. Hanya saja sering tidak dilakukan pengaturan yang tepat. Sehingga hasilnya kurang maksimal.

Cara pengaturan audio mobil memang awalnya terdengar rumit. Padahal intinya hanya tinggal bermain-main dengan tombol pengaturan sampai mendapatkan hasil audio yang diinginkan.

Semoga informasi mengenai cara setting audio mobil di atas membantu menghadirkan musik berkualitas terbaik saat berkendara.

Ruangan komen telah ditutup.