Berita Otomotif Terbaru : Mesin Diesel Dilarang Beroperasi Di India

mesin-diesel-honda

Bintangotomotif.com – Saat ini banyak sekali mobil yang ada dibeberapa negara memang melarang menggunakan bahan bakar diesel dengan berbagai alasanya yang berbeda, dan beberap watu yang lalu, berita yang cukup mengejutkan juga hadir terdengar dari negara India. Negara yang biasanya dijuki dengan Negera Diesel ini juga menetapkap sebuah aturan baru, aturan itu adalah jika adanya larngan untuk mobil yang memiliki mesin diesel diatas 2.000 cc. Peraturan ini memang cukup mengejutkan banyak masyarakat lokal bukan hanya konsumen bahkan para produsen mobil dengan mesin diesel jg ikut kaget dengan peraturan baru dari pemerintah India ini. Salah satu merek yang terkejut datang dari merek lokal yaitu Mahindra and Mahindra Limited yang memang memproduksi mobil dengan kategori yang masuk dalam larangan peraturan baru tersebut.

Pemerintah India melalui Mahkamah Agung sudah mengumumkan aturan baru itu baru berlaku sementara, dalam waktu tiga bulan. Rencananya aturan ini akan berjalan pada wal tahun 2016 yang akan datang. Saat ini, New Dlhi, India sedang melakukan penekanan pada polusi udara yang terjadi secara besar-besran. Terlebih untuk kendaraan dengan mesin diesel yang memang sudah dikenal sebagai kendaraan dengan penghasil emisi terbanyak dibandingkan dengan mesin jenis lainnya. Untuk itu, kemungkinan besar yang terjadi pada aturan ini akan berlaku perpanjangan. Sebuah laporan yang dikutip dari laman Kompas Otomotif, pada hari selasa (22/12/15), Mengungkapkan jika aturan baru ini masih bersifat sementara tapi rupanya sudah cukup membuat calon konsumen merasa khawatir dan batal untuk membeli.

Dengan adanya aturan baru ini sangat berdapak bagi pabrikan otomotif yang memang produknya memakai mesin diesel khususnya pada Mahindra, karena pabrikan lokal dari India ini juga dilaporkan sedang melakukan pengembalian terhadap uang tanda jadi pemesanan mobil yang diminta kembali oleh calon konsumen. Dari Mahindra telah ada tiga nodel mobil yang tekena dampaknya yaituXUV500, Scorpio, dan Xylo. Untuk mendapatkan angka jual yang sudah ditargetkan sebelumnya Mahindra juga sudah melakukan strategi yang lain dengan cara lebih banyak mempromosikan varian mobil dengan model selain tiga mobil yang menggunakan mesin diesel untuk menarik hari konsumen. Sementara untuk model-model yang sudah terkena dampak dari aturan baru pemerintah tersebut masih dalam proses pembersihan dari pasaran bik dari dealer resmi maupun pameran-pameran otomotif yang ada.

Ternyata, Bukan hanya Mahindra yang merupakan satu-satunya merek yang mengalami kerugian, dalam jangka waktu dekat ini untuk merek-merek luar negeri seperti Mercedes Benz, BMW, dan juga merk Land Rover juga diperkirakan harus mengalami hal serupa sebagai bentuk adaptasi terhadap aturan baru yang sudah ditetapkan oleh pemerintah India yang baru -baru ini diremikan.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.