Berita Otomotif Terbaru : Airbag Untuk Roda Dua Mulai Di Kembangkan

1805205620X310

Bintangotomotif.com – Saat ini fitur keselamatan pada kendaraan bermotor sangat penting untuk pengendara apalagi jika terjadi kecelakaan yang fatal jadi fitur keselamatan ini harus ada pada kendaraan bermotor, salah satu fitur keselamatan yang sangat penting dalam kendaraan bermotor adalah adanya airbag atau kantong udara memang saat ini baru bisa diaplikasikan untuk kendaraan roda empat atau mobil saja. Tapi Airbag untuk sepeda motor, mungkin banyak orang akan membuat orang penasaran, karena sejauh ini belum terlalu popoler istilah ‘airbag for motorcycle’. Dan sampai saat ini masih sangat sedikit fitur airbag yang disematkan pada kendaraan roda dua , dibandingkan dengan airbag mobil yang kini mulai menjadi fitur wajib yang ada didalam mobil. Tercatat untuk sampai saat ini airbag ini hanya bisa dijumpai di aksesoris pendukung seperti jaker, wearpack, jikapun ada dikendaraan roda dua hanya ada dalam motor Honda Gold Wing.

dilansir dari laman Motorcyclist, pada hari Rabu (23/12), jika sejatinya sistem airbag yang dikembangkan untuk kendaraan bermotor mulai tahun 1970 tersebut, kemungkinan masih membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa diaplikasikan ke sepeda motor. Mengapa demikian?. Karena faktor utama yang mendasari pengembangan airbag khusus untuk sepeda motor sangat lamban, karena airbag ini susdah untuk memprediksi bagaimana posisi pengendara sepeda motor ketika terjadinya peristiwa kecelakaan. Sementara untuk Honda Gold WIng ini, Pabriknya sudah memberikan sistem airbag pada motor tersebut lantaran mudah memprediksi posisi pengendara. Tapi, saat ini ternyata honda juga sudah mempunyai pemikiran yang jauh ke depan, dimana Honda siap mengembangkan sistem airbag pada motor tersebut lantaran mudah memprediksi posisi pengendaraan saat mengemudi.

Untuk airbag yang dipasang pada produknya tersebut, Honda akan merancang dengan desain yang lebih panjang ke atas dan berbentuk layaknya balon. Hal ini mengingat kebanyakan ketika terjadinya kecelakaan, pengendara biasanya akan terpental keatas dan lurus ke depan. Lewat airbag ini, banyak kemungkinan jika pengendara saat terjadi kecelakaan keras saat mengemudikan kendaraan.

Secara untuk cara kerjanya, sistem airbag ini akan dipicu oleh sensor yang letaknya ada di bagian bawah garpu yang bisa mendeteksi dan dampak kecelakaan keras, sama seperti milik Honda Gold Wing. Sedangkan kecelakaan yag tidak berasal dari depan, tidak akan mampu untuk memicu airbag untuk mengembang.

Tidak hanya honda saja Bosch juga yang merupakan perusahaan teknik dan elektronika yang ada di Stuugart, Jerman. Bosch mengklaim jika airbag yang dirancang ini lebih universal, dalam arti bisa diadopsi untuk berbagai jenis motor, termasuk motor skutik. Bosch juga kemungkinana akan menginstal dua airbag sekaligus. Pertama, di depan headlamp untuk meredam tabrakan, dan kedua, di tangki bahan bakar untuk melindungi dada dan kepala pengendara. Tapi, airbag ini hanya di untuk beberapa jenis tabrakan saja. Untuk kedepannya semoga tidak hanya pada motor milik Honda Gold Wing dan juga Bosch saja yang mempunyai fitur keselamatan untuk kendaraan beroda dua .

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.