Berbahaya Atau Tidak Sering Ganti Merek Oli

Oli merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan baik itu beroda empat atau beroda dua. Dikarnakan perannya yang begitu penting beberapa orang mengistilahkan oli layaknya darah bagi kendaraan, baik itu beroda empat atau beroda dua. Tanpa oli kendaraan akan terganggu bahkan tidak bisa berjalan.

Dikarnakan oli adalah elemen yang penting bagi kesehatan mesin mobil dan kenyamanaan ketika berkendara maka oli harus terus diperhatikan secara berkala. Sedangkan untuk di inodonesia sendiri jenis oli sudah beragam mulai dari jenis mineral sampai full synetic.

Dengan banyaknya jenis oli tersebut banyak dari pemilik kendaraan penasaran dan ingin mencoba dari setiap jenis oli-oli yang di pasaran untuk digunakan pada kendaraannya. Hal tersebut dilakukan mermaksud agar mengetahui merek apa yang bagus dan yang paling cocok bagi kendaraan, atau tidak sedikit yang berlandasan ekonomi sehingga ingin mencari yang lebih murah dan bagus.

Tapi pertanyaannya apakah prilaku sering mengganti oli tersebut baik untuk kendaraan atau tidak. Menurut kepala mekanik Aneka Mitra bengkel di daerah Kebon Pisang, Jakarta Barat, Acin, jika sering mengganti merek oli tidak berbahaya bagi kendaraan.
‘’Tidak masalah sering ganti oli, yang penting ketika sudah waktunya ganti oli atau setiap satu bulan sekali ya segera diganti, disini yang perlu diperhatikan adalah kadar kekentalan oli tersebut yang akan digunakan pada kendaraan. Jangan lupa untuk selalu melihat dan menyesuaikan dengan mesin kendaraan dan tidak kalah penting juga harus mengetahui jenis kendaraan tersebut, jangan sampai oli matik digunakan untuk jenis mesin manual atau sebaliknya,’’ungkap Acin.

Dia mengatakan bahwa faktor yang paling membedakan antara oli satu dengan oli yang lainnya adalah kualitasnya saja. Sehingga jika konsumen sering berganti oli untuk kendaraannya maka hasilnya sesuai dengan oli yang digunakan, dan untuk kesehatan kendaraan tidak berbahaya selagi merek oli yang digunakan asli dan ada rekomendasi dari merek yang dianjurkan oleh pabrik.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.