Beginilah Cara Mudah Merawat Radiator Motor

radiator

BintangOtomotif.com – Teknologi yang saat ini banyak diterapkan pada sepeda motor jenis terbaru sudah sangat canggih, Banyak pabrikan otomotif yang melakukan banyak perubahan hanya agar produknya semakin diminati dan juga bisa memberikan kenyamanan bagi para pengendaranya. Salah satu bagian yang mendapatkan sorotan adalah pada sektor sistem pendingin yang notabene saat ini sudah memiliki tiga jenis yaitu pendingin cairan, pendingin oli dan pendingin udara. Tiga pendingin tersebut tentu saja memiliki kelebihannya masing – masing. Dari tahun ke tahun penggunaan sistem pendingin oli semakin berkurang dan pabrikan motor lebih memilih menggunakan pendingin cair dan udara karena dianggap lebih memiliki kemampuan pendingin mesin lebih cepat dan juga mampu memberikan kesejukan pada mesin. Namun yang amat disayangkan tidak semua pemilik kendaraan paham bagaimana cara merawat radiator tersebut dan banyak juga yang menganggap remeh hal ini, padahal jika terus dibiarkan sistem radiator ini bisa saja menjadi tidak berfungsi dengan baik dan akibatnya adalah mesin menjadi cepa rusak karena mengalami overheat.
Sebenarnya merawat radiator pada sepeda motor sangatlah muda sekali dan bisa dilakukan sendiri di rumah, yang pertama harus disiapkan adalah cairan khusus radiator. Setelah dilepas sebaiknya teliti terlebih dahulu sirip – sirip penampang radiator biasanya jika sudah aus ada bagia yang bengkok karena terdapat kerikil atau bisa juga akibat salah ketika mencuci akibat tekanan semprotan dari air yang terlalu kencang. Apabila sudah banya bengkok sebenarnya sudah tidak layak lagi digunakan dan lebih baik diganti dengan yang baru. Namun jika kerusakan tidak terlalu parah anda bisa meluruskan bagian yang bengkok tersenut dengan menggunakan pinset, sebaiknya hati – hati ketika meluruskan sirip radiator jika terlalu kuat justru akan membuat bagian tersebut rusak dan tentu saja jika sudah rusak maka tentu akan menganggu performa dari radiator itu sendiri. Sebenarnya ada lagi cara mudah untuk bisa mencegah kerusakan pada sirip radiator adalah dengan memasangkan cover radiator yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran.

Perlu diketahui jika fungsi radiator pada kendaraan bermotor sangatlah vital karena bisa mencegah mesin dari overheat. Apalagi saat musim tidak menentu seperti tiba – tiba hujan lalu secara tiba – tiba berubah menjadi panas tentu akan membuat mesin tidak mampu bertahan dari perubahan suhu tersebut. Untuk itulah disarankan bagi para pemilik sepeda motor khususnya yang memiliki kapasitas cc besar selalu melakukan pemeriksaan pada radiator. Kerusakan yang paling sering terjadi pada sitem pendingin ini adalah karena terdapat kotoran atau lumpur di sela – sela radiator yang tentu saja bisa menyumbat lubang dari angin. Apalagi bagi motor sport yang memilikiradiator dibagian bawah akan lebih sering terkena kotoran terutama saat musim hujan. Jika sering terkena kotoran lebih baik segera lepas dan cuci radiator menggunakan air mengalir, tapi ingat basuh dengan tekanan rendah saja dan hindari penyemprotan dengan kekuatan tinggi. Jika terdapat lumpur pada sela – sela dan sulit dihilangkan cukup besihkan menggunakan sikat gigi.

Dan yang terpenting jangan lupa cek tabung cairan cadangan atau reservisor dan pastikan air yang terdapat di dalamnya tidak melewati batas garis low. Jika berada dibawah garis lebih baik tambahkan menggunakan cairan radiator secukupnya. Hindari juga pengisian menggunakan air biasa karena selain tidak direkomendasikan oleh pabrikan hal itu juga akan membuat mesin motor menjadi cepat berkarat dan tidak bekerja dengan semestinya. Biasakan juga setiap melakukan servis kendaraan di bengkel resmi minta kepada mekanik untuk memeriksa bagian radiator agar mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak. Biasanya jika terjadi kebocoran itu dikarenakan selang radiator sudah aus. Namun apabila semuanya sudah terpasang ddengan benar tap radiator tidak bekerja semenstinya kemungkinan besar kerusakan disebabkan oleh kerusakan pada kipas. Lakukan perawatan pada kipas dengan membersihkan debu yang terdapat pada sekeliling kipas menggunakan kain basah.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.