Beberapa Penyebab Power Window Tidak Berfungsi

Fungsi dari power windows adalah sebagai alat yang diguanakan untuk menaik turunkan kaca jendela pada pada pintu mobil, oleh sebab itu peran dan fungsi power windows ini sangat penting. Mobil keluaran baru yang menggunakan teknologi canggih kali ini sudah pasti diselipkan power windows tersebut tentunya mobil tersebut dibandrol dengan harga yang tinggi. Sedangkan untuk mobil yang harganya menengah kebawah masih jarang yang menggunaknan teknologi power windows.

Akan tetapi bagi anda yang memiliki mobil yang belum terdapat teknologi power windowsnya jangan berkecil hati karna kali ini telah banyak rumah modif atau bengkel yang menawarkan jasa pemasangan power windows.

Tentunya ditemukannya teknologi power windows tersbut guna untuk mempermudah dalam kenyamanan. Sedangkan keunggulan dari teknologi power windos tersebut adalah untuk mempermudah ketika kita ingin menaik dan menurunkan kaca jendela pada mobil kendaraan yang kita tunggangi tersebut.

Selain memiliki kelebihan power windows tersebut tentunya memiliki sisi kelemahan yang harus diketahui. Komponen listrik ini terkadang tidak berfungsi atau rusak, terkadang ketika dalam perjalanan tiba-tiba macet sehingga pada kaca jendela tersebut sempat tertutup secara keseluruhan. Ada beberapa penyebab power windows macet, berikut penjelasannya:

  1. Sikring

Dikarnakan teknologi power window ini adalah piranti elektronik maka untuk meminimalisir terjadinya konsleting listrik maka dipasang sikring. Andai kala sikring pada power window putus maka secara otomatis semua perangkat yang ada di dalam power window tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga semua kaca tidak bisa dinaikan lagi atau diturunkan.

  1. Saklar power window

Kerusakan pada bagian ini sering dikarnakan konsleting pada listri yang tentunya saja menyebabkan saklar akan terbakar. Atau penyebab lain seperti plastik yang ada didalam telah mengalami aus, sehingga saklat tersebut tidak bisa berfungsi secara maksimal. Ketika ada salah satu dari pintu tersebut yang saklarnya rusak maka secara otomatis kunti tersebut tidak bisa dinaikan hanya pada satu pintu tersebut, akan tetapi jika memang kerusakan pada saklar tersebut tidak menyeuruh.

  1. Motor power window

Dinamo atau motor power window ini letaknya ada di dalam pintu mobl. Sedangkan fungsi dari dinamo tersebut adalah menggerakan regulator, sehingga kaca mobil bisa naik dan turun. Jika terjadi kerusakan yang biasanya terjadi seperti kumparan tembaga dinamo yang terbakar akibat konsleting listik. Maka power windows tersbut tidak bisa berfungsi secara maksimal. Atau kendala lain seperti gigi pemutas sudah aus.

  1. Regulator kaca pintu

Komponen yang satu ini fungsinya adalah sebagai penggerak pada kaca mobil sehingga bisa dinaikan atau diturunkan yang ditompang oleh dinamo power window. Komponen ini juga sering mengalami kerusakan yang disebabkan gerigi-gerigi yang sudah aus, sehingga tidak berfungsi lagi secara optimal.

Atau penyebab lain seperti tempat duduk kaca pada regulator copot atau lepas. Sehingga ketika regulator berkerja kaca tidak bisa dinaikan atau diturunkan seperti biasanya. Sedangkan penyebab terjadinya kerusakan tersebut terkadang berlawanan dengan kenyataan maka alangkah baiknya anda membawanya ke tukang servis atau bengkel khusu untuk mengatasi hal tersbut.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.