Bahaya! Jangan Buka Radiator Saat Panas

BINTANGOTOMOTIF.COM – Radiator mobil sangat besar peranannya dalam upaya menjaga kestabilan temperatur mesin mobil. Saat mobil mobil sedang bekerja, maka mesin mobil akan menghasilkan temperatur yang tinggi, nah radiator inilah peredam dan penstabilnya.

Salah satu hal yang mungkin terjadi jika radiator sedang bermasalah adalah kondisi overheat. Ketika mobil sedang dipakai, biasanya lama-lama akan terasa kurang nyaman, hal ini terus berlanjut sampai pada akhirnya mobil akan mogok dan tidak mau berjalan lagi.

Maka, istirahatlah sejenak. Biarkan mesin agak dingin terlebih dahulu. Jangan langsung buka radiator sementara masih dalam kondisi panas. Jika Anda tetap memaksanya, hal ini sungguh amat berbahaya. Cairan radiator akan menyembur. Ingat ini adalah cairan panas, yang jika sampai mengenai tubuh Anda maka tentu akan sangat fatal akibatnya. Jadi, saat akan membuka tutup radiator, pastikan temperaturnya sudah lumayan dingin.

Cek kondisi cairan radiator, apakah penuh atau sangat kurang. Jika kurang segera tambahkan sampai batas maksimal. Maka dari itu, sangat penting kiranya agar Anda selalu mengecek kondisi cairan atau liquid yang ada di dalamnya. Jangan sampai dalam posisi low apalagi sampai kosong. Itu sangat bahaya! Secara rutin Anda perlu mengecek kondisinya, termasuk meneliti apakah ada kebocoran di tabung atau juga di selang.

Mau tahu seperti apa bahaya membuka radiator saat kondisinya masih panas? Simak video berikut ini:

 

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.