Awas Oli Palsu, Ini Cara Membedakannya

BINTANGOTOMOTIF.COM – Tahukah anda seberapa penting oli bagi mesin kendaraan anda?, Oli merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi performa kendaraan kita. Terbayang jika kita telat mengganti oli atau bahkan oli yang kita gunakan untuk mesin kendaraan kita merupakan oli palsu?, pastinya akan berdampak buruk bagi kendaraan kita.

Ya memilih oli memang tak serta merta alias asal-asalan, pasalnya dampak yang diakibatkan kedepan bakal lebih banyak tentunya kerusakaan atau aus dibagian mesin, hal tersebut tentu membuat performa kendaraan kita tak maksimal.

Nah bagi anda yang akan mengganti oli untuk kendaraan anda, sebaiknya teliti terlebih dahulu apakah oli tersebut asli atau palsu dan untuk lebih jelasnya simak informasi mengenai cara membedakan oli asli dan palsu dibawah ini.

Perhatikan Kemasannya

Pertama yang harus anda lakukan adalah amati kemasaan yang terdapat dioli tersebut. Pasalanya oli yang asli dan resmi telah memberikan kemasan khusus secara visual seperti halnya label alumunium yang terdapat disetiap kemasan.

Kenali Dari Bau dan Warna

Dari bau biasanya pelumas yang palsu (daur ulang) baunya sangit atau gosong.  Sementara oli yang baru dan asli, jelas tidak akan begitu karena diproduksi dengan timing yang tepat. Selain itu warna juga bisa dijadikan indicator, melihatnya bisa dilakukan dengan cara meneteskan sedikit oli di atas tissue. Warna pelumas Federal Oil yang asli lebih bening dan cerah.  Serta tidak meninggalkan semacam gumpalan oli di permukaan tissue,.

Jangan Tergiur dengan Harga

Cara yang satu ini memang gampang-gampang susah untuk menentukan apakah oli yang ditemui di pasar asli atau tidak, karena tidak semua bengkel atau penjual oli mau jujur soal harga. Tapi bukan tidak mungkin, siapa tahu secara tidak sengaja bisa menemukan penjual oli yang menjual dengan harga lebih murah. Misalnya membanderol oli dengan brand sama dengan harga yang lebih miring.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.