Akhirnya Toyota Luncurkan Sport Car Mini Untuk Menyaingi Mazda MX-5

Sebagai bukti untuk menepati janjinya pada beberapa lalu, Toyota Motor Corporatian akhirnya benar-benar memboyong mobil sport yang bertubuh mini terbarunya ke ajang Tokyo Motor Show 2015. Mobil konsep yang bernama Toyota S-FR tersebut kabarnya sengaja disiapkan oleh Toyota sebagai pesaing Mazda MX-5.

Mobil konsep Toyota S-FR yang menghiasi booth Toyota dalam aula Tokyo big Sight di arena Tokyo Motor Show 2015 yang berlangsung di Jepang. Mobil mini kembangan Toyota tersebut dirancang dengan bentuk klasik ala Toyota Sport 800 dengan desain fisik yang lebih modern. Toyota S-FR sendiri juga di tempatkan sebagai adik dari Toyota GT86.

Karena memiliki sosok yang mungil, banyak yang mengira bahwa Toyota S-FR akan diplot untuk menempati segmen cei-cars yang saat ini masih sangat ngehits di Jepang. Tetapi ternyata Toyota punya rencana lain. Berbekal dimensi panjang dengan ukuran panjang 3.990 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.320 mm, dan mobil tersebut juga dirancang sebagai mobil Coupe Sports Car dan diprediksi akan mengancam dominasi Mazda MX-5.

Sendangkan untuk sector perfomanya, seperti yang telah di lansir oleh Paultan, jika kelak nanti Toyota S-FR akan benar-benar diproduksi secara masal, mobil mini tersebut akan dibekali dengan menggunakan mesin 2NR-FKE Atkinson-cycle platform yang digunakan untuk mobil Jepang Domestic Market atau JDM Corolla Axio yang mengusung system D-4S Direct Injection. Mesin yang berkapasitas 1.400 cc tersebut juga telah dipastikan bakal lebih bertenaga. Tenaga pada mesin S-FR nantinya akan di salurkan ke roda dnegan menggunakan system transmisi manual Aisin dengan enam percepatan.

Mobil Toyota S-FR sendiri juga telah dipastikan memiliki berat bobot yang cukup ringan yakni hanya seberat 980 kilogram saja. Seperti namanya S-FR, atau S yang berarti Sport, F berarti Front Engine, dan R berarti berpenggerak roda belakang, mobil ini merupakan mobil Sport dengan tata letak mesin di depan dan berpenggerak roda belakang.

Ruangan komen telah ditutup.