Akhiri Konflik, Suzuki Siap Ganti Rugi VW

023218200_1455268192-1

Bintangotomotif.com – Sempat beredar kabar beberapa waktu yang lalu tentang berpisahnya Suzuki dengan Volkswagen. Kedua pabrik ini telah mengakhiri kerja sama pada pertengahan tahun 2015 lalu. Menyusul kabar tersebut kini Suzuki Motor Corp telah mendapatkan kesepakatan baru dnegan Volkswagen Group. Suzuki telah mengungkapkan apabila mereka telah sepakat untuk membayar ganti rugi berupa sejumlah uang terhadap Volkswagen. Sementara itu artinya beberapa waktu kedepan Volkswagen akan mengumumkan klaim kerugiannya terhadap Suzuki.

Hingga kini Suzuki memang masih bungkam terkait dengan besarnya ganti rugi yang akan diberikan kepada Volkswagen. Hanya saja pabrikan automotif asal Jepang ini mengatakan bahwa jumlahnya tidak terlalu besar. Perjanjian terkait kesepakatan ganti rugi terhadap Volkswagen, merupakan penyelesaian dari konflik keduanya pada international Court of Arbitation yang terjadi sejak tahun 2011 lalu. Kerja sama antara kedua perusahaan automotif besar dunia yakni Suzuki dan Volkswagne itu sudah mulai terlihat memburuk sejak tahun 2009 silam. Hal ini terjadi karena pihak Volkswagen menganggap Suzuki telah melanggar perjanjian tertulis yang sebelumnya sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Apabila diingat – ingat, permasalahan yang terjadi berawal dari Suzuki yang mengumumkan rencana untuk membeli mesin diesel milik perusahaan Automotif ternama lain yait Fiat. kemudian pihak VW Group menganggap keputusan tersebut menyalahi aturan perjanjian karena pihak Suzuki dianggap menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Akhirnya pengadilan International pada bulan Agustus 2015 lalu telah memutuskan bahwa Suzuki dinyatakan bersalah dan harus membayar denda ganti rugi terhadap Volkswagen sebagai sanksi atas pelanggaran kewajiban kontrak yang dilakukan.

Sebagai informasi telah diketahui bahwa awalnya Suzuki dan Volkswagen bekerja sama untuk mengembangkan teknologi kendaraan dengan hibrida dan mobil listrik. Untuk melancarkan kerja sama tersebut berbagai kesepakatan kerja sama telah dilakukan. Kesepakatan itu meliputi trnasfer teknologi, juga program – program lainnya yang kebanyakan tidak terealisasi akibat dari konflik yang terjadi diantara keduanya. Berbagai kesepakatan kerja sama seperti transfer teknologi dan program lainnya tidak terjadi karena banyaknya masalah yang muncul. Permasalahan yang muncul mengakibatkan tersendatnya proses yang semua direncanakan dan mengakibatkan kerugian yang cukup besar.

Terkait hal ini Suzuki kemudian dinyatakan sebagai penyebab dari kerugian yang terjadi. Dan akhirnya pihak pabrikan asal jepang ini mengalah dan menerima pengajuan ganti rugi dari Volkswagen dan akan segera membayarnya dalam jangka waktu yang ditentukan. Namun hingga saat ini kedua pabrikan ini dikabarkan masih tetap berkerja sama hanya saja proyek pengembangan teknologi yang rencananya akan mereka kerjakan mengalami kendala.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.