8 Faktor Penyebab Air Radiator Cepat Habis

Anda yang sering bepergian sendiri menggunakan mobil pasti sudah tidak asing dengan keberadaan sistem radiator. Sistem ini memiliki peran penting dalam menjaga suhu mesin tetap dalam kondisi prima ketika dikendarai. Walaupun perawatannya tidak terlalu rumit, tetapi ada beberapa penyebab air radiator cepat habis yang harus Anda waspadai.

Apakah Anda pernah bertanya apa penyebab air radiator cepat habis sehingga mengganggu performa mobil Anda? Jika air radiator mobil Anda cepat habis padahal baru diisi, bisa dipastikan terdapat masalah pada sistemnya.

Berikut adalah beberapa penyebab air radiator mobil cepat habis yang bisa mengganggu kinerja mesin mobil Anda.

Daya Tutup Radiator yang Tidak Optimal

Tutup radiator memiliki desain pengunci tekanan yang tahan panas sehingga tetap terkunci pada suhu tinggi. Jika tutup radiator rusak dan tidak bekerja secara optimal, maka otomatis berpengaruh pada air radiatornya. Umumnya kerusakan terjadi pada karet tutup dapat Anda perbaiki dengan mengganti yang baru.

Kesalahan Pemasangan Selang Radiator

Sebagai media sirkulasi air radiator, pemasangan selang radiator harus rapat agar air radiator berkurang normal. Pemasangan yang tidak rapat akan memberi celah sehingga air merembes dan terus berkurang.

Kondisi Selang Radiator yang Buruk

Air radiator selalu berkurang kemungkinan disebabkan oleh kondisi selang radiator yang sudah tidak layak pakai dan lembek. Untuk menghindari rembesan air akibat hal ini, gantilah segera selang radiator mobil Anda dengan yang baru.

Terjadi Kebocoran pada Water Pump

Kebocoran pada water pump biasa disebabkan oleh masa pemakaian yang sudah lama sehingga kinerjanya telah menurun. Apabila water pump bocor, debit air yang terbuang akan relatif banyak. Jadi pastikan Anda melakukan perawatan rutin dan menggunakan air berkualitas agar water pump bisa lebih awet.

Masalah pada Bagian Thermostat

Penyebab air radiator cepat habis pada mobil juga bisa terjadi karena thermostat bermasalah, seperti kotor dan bengkok. Kondisi ini menyebabkan air radiator menguap secara berlebihan dan sia-sia. Bersihkan radiator setidaknya 2 bulan sekali untuk memastikan thermostat mobil Anda dalam keadaan optimal.

Kebocoran di Posisi Sirip Radiator

Kebocoran yang terjadi pada sirip radiator sering kali susah terlihat karena air radiator cenderung laung menguap. Tetapi hal ini tetap bisa menjadi penyebab dari berkurangnya air radiator secara tidak wajar dalam tempo waktu yang lama.

Untuk memastikannya kondisi radiator, Anda sebaiknya menghubungi teknisi atau membawanya ke bengkel terdekat.

Kinerja Kipas Radiator yang Melemah

Penyebab radiator berkurang tapi tidak bocor bisa jadi karena kinerja kipas radiator yang melemah. Walaupun tidak bocor, tetapi air akan lebih banyak menguap dikarenakan suhu tinggi yang tidak bisa diredam oleh kipas.

Ada banyak faktor yang memungkinkan hal ini terjadi, umumnya karena carbon brush yang nyaris habis atau bisa jadi magnet kipas bergeser.

Tutup Pembuangan yang Kurang Rapat

Sebelum membawa mobil Anda ke bengkel karena masalah teknis air radiator yang cepat berkurang, cobalah untuk memeriksa bagian tutup pembuangan. Tutup pembuangan air radiator yang tidak rapat bisa menyebabkan air radiator menguap dengan sia-sia.

Apabila tutup pembuangan mengalami slek, Anda bisa mengantisipasinya dengan tambahan selotip. Pastikan tutup pembuangan tetap dalam kondisi kencang agar sistem radiator bekerja dengan baik.

Baca juga: Penyebab dan Solusi Air Radiator Berwarna Kecoklatan

Setelah mengetahui penyebab air radiator cepat habis, tentunya sekarang Anda sudah lebih tahu cara merawatnya. Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan secara rutin demi memastikan semua mesin mobil Anda bekerja dengan prima.

Ruangan komen telah ditutup.