6 Tips Perawatan Mobil Agar Tetap Kinclong

Memiliki mobil dengan tampilan yang kinclong adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Ada perasaan bangga, pede abis dan perasaan wow lainnya deh. 🙂 Betul, nggak? Berbeda halnya jika mobil yang dikendarai punya penampilan kusam. Aduh…. Gak pede abis deh! 🙂

Nah, agar bisa memiliki mobil yang tetap kinclong tentunya perlu usaha dan ketelatenan dan perlakuan yang khusus terhadap mobil kesayangan. Bagaimana caranya? Beberapa tips berikut ini mudah-mudahan bisa membantu sobat Bintom sekalian untuk menjaga agar mobil kesayangannya tetap kinclong.

Tips pertama: Hindari cahaya matahari langsung dan berlebih. Terutama sekali saat parkir. Cahaya dan panas matahari akan mampu membuat cat mobil Anda kusam. Maka, saat parkir usahakan cari tempat yang teduh. Di bawah pohon misalnya. Kalau pun terpaksa tidak ada tempat yang teduh maka bisa diakali dengan memakai sarung khusus mobil atau penutup lainnya. Kalau misalnya terpaksa juga tidak ada penutup, ya parkir seperlunya saja dan jangan berlama-lama di sana. 🙂

Tips kedua: Jangan lap mobil dalam kondisi kering. Saat mobil dalam kondisi kering, apalagi yang baru saja dipakai bepergian, tentu di body mobil akan banyak pasir-pasir halus atau debu yang melekat. Jika Anda langsung membersihkannya memakai lap, maka pasir halus atau debu itu akan menggores permukaan mobil. Jadi buram deh… Maka, jika mobil dalam keadaan kering, membersihkannya jangan pakai lap, tapi pakailah kecemong, eh salah, kemoceng 🙂

Tahu khan kemoceng itu seperti apa? Seperti ini nih bentuknya:

Kemoceng untuk membersihkan debu mobil

Tips ketiga: Jika mencuci mobil, jangan langsung gosok mobil pakai lap basah. Perharikan urut-urutan berikut ini: Bersihkan mobil dari debu dan pasir halus yang mungkin menempel. Silakan lihat tips nomor 2 di atas. Setelah itu, guyur mobil dengan air dingin dan bersih. Lalu tahap berikutnya, gosok mobil dengan lap bersih basah yang sudah ada cairan pembersihnya. Usahakan membersihkan per panel saja. Maksudnya, bersihkan area panel pintu depan, lalu siram dengan air  sampai bersih. Lalu berlanjut ke bagian atau panel berikutnya. Hindari menggosok semua body mobil sampai merata dan baru menyiram dengan air. Mengapa?

Saat Anda menggosok di satu bagian, lalu terus memutar, maka saat Anda kembali ke bagian panel yang pertama Anda bersihkan itu kondisinya tentu telah mengering. Kalau sudah mengering, bukannya warna kinclong yang di dapat tapi malah buram, walau nantinya telah disiram air.

Tips keempat: Gunakan shampo khusus untuk mencuci mobil. Jangan gunakan detergent atau sabun colek. Shampo khusus mobil memang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga ia cocok digunakan untuk mencuci mobil.

Tips kelima: Cucilah mobil secara teratur, terutama jika sehabis kehujanan. Air hujan itu mengandung kadar keasaman tertentu. Faktor inilah yang bisa memicu memudarnya warna mobil. Bahkan lebih dari itu, keasaman air hujan juga sangat berpengaruh pada pengaratan body mobil.

Tips keenam: Saat parkir di malam hari, jangan parkir mobil ditempat terbuka. Air embun yang menempel di body mobil ini bisa memicu buramnya body mobil. Jika sangat terpaksa harus parkir di tempat terbuka, upayakan tutupi dengan sarung khusus penutup mobil.

Demikian 6 tips perawatan yang bisa Sobat Bintom lakukan agar mobil tetap kinclong. Semoga bermanfaat.

Ruangan komen telah ditutup.