Untung Rugi Lampu LED, Halogen, atau Xenon

Fog lamp atau lampu kabut merupakan salah satu fitur yang bermanfaat pada kendaraan.

Lampu pada kendaraan memang memiliki fungsi yang sangat penting ketikan melintas di malam hari melewati jalan yang gela gulita tidak ada cahanya selain dari lampu yang dipancarkan lampu itu sendiri, dengan demikian bisa mengindari dari jalan-jalan yang berlubang atau ada benda yang dapat mengakibatkan benturan keras.

Akan tetapi semakin berkembangnya teknologi kali ini lampu kendaraan terus mengalami inovasi. Jika beberapa tahun belakang lampu kendaraan hanya memanfaatkan bohlan saja, kali ini ada varian headlamp semakin beragam dengan adanya LED, Halogen atau Xenon.

Lampu LED LED atau light-emitting diode selain memiliki daya tahan yang labih lama jika dibandingkan dengan jenis lainnya, juga menghasilkan cahaya yang lebih terang dengan konsumsi listrik yang lebih rendah.

Akan tetapi karakter cahaya lampu LED yang berwarna putih mejadi kelemahan. Karna cahaya putih pada lampu LED sangat menyilaukan mata ketimbang yang berwarna kuning. Dan juga kelemahan lainnya jika terjadi kerusakan atau mati, tidak bisa langsung mengganti bagian lampu LED saja, melainkan satu rangkaian. Disinilah bisaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Sedangkan untuk lampu Xenon, karakternya mirip denagn lampu LED. Karna lampu xenon biasanya digunakan pada High Intensity Dischargeatau HID. Lampu Xenon bekerja menggunakan kapsul gas, dengan cahaya yang memancar dari busur antara dua elektroda yang berdekatan. Xenon menghasilkan cahaya yang lebih kuat dengan intensitas yang tinggi. Sorotan cahaya lampu HID mengarah ke atas dan melebar.

Walaupun memiliki pancaran cahaya yang lebih kuat, akan tetapi harus dipertimbangkan lagi bahwa Xenon atau HID dapat membahayakan orang lain. Karna lampu HID dapat menyilaukan serta mengganggu pengemudi lain yang sejalur terlebih lagi yang berlawanan arah.

Sedangkan untuk lampu halogen menjadi lampu bawaan dari kebanyakan mobil di Indonesia. Pancaran cahaya yang dihasilkan dari lampu halogen berasal dari dalamnya yang berisi kawat pijar dan gas. Untuk maslah harga, lampu halogen lah yang terbilang lebih murah dan mudah dicari.

Akan tetapi ada kekurangan dari lampu halogen, yaitu membutuhkan watt yang besar dengan konsumsi listrik yang tinggi, dan juga menghasilkan panas yang berlebih akibat radiasi dari kawat pijar.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.