Toyota Indonesia Menyuntik Mati Toyota Prius

Apabila Suzuki Splash berhenti diproduksi, namun masih tetap dijual di Indonesia. Namun disisi lain, ada kabar terbaru yang hadir dari PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan telah berhenti menjual Toyota Prius, yang tidak lain adalah mobil hybrid pertama Indonesia yang di produksi oleh Toyota. Berdasarkan dari data penjualan terakhir, sejak tahun 2015 lalu Toyota Prius sudah tidak terlihat lagi. Dan bahkan kini anda sudah tidak lagi bisa melihatnya terpajang di situs resmi TAM.

Mobil sedan Prius generasi ketiga ini seperti yang telah diketahui telah meluncur di ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2009 lalu. Dan pada saat itu kendaraan tersebut diperkenalkan dengan bandolan harga sebesar Rp. 585 juta. Produk yang merupakan murni hasil dari impor Jepang tersebut telah menjadi pandangan yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia terkait dengan adanya teknologi yang kini semakin canggih saja untuk sector otomotif. Hal ini pun juga sekaligus menjadi bukti bahwa kendaraan hybrid yang dijual di Indonesia harganya memang sangat mahal karena masih belum diberi insentif oleh Pemerintah.

Sedangkan TAM sendiri, menjual Toyota Prius dengan metode spot order. Para konsumen hanya perlu menyatakan keterkaitannya terlebih dahulu lantas setelah itu baru lah mengurus sejumlah administrasinya, baru kemduian unit kendaraan akan di pesankan di Jepang. Dengan harganya yang sangat mahal, membuat penjualan Toyota Prius menjadi sangat sulit, angkanya tidak lebih dari 3 unit pertahun sejak tahun 2013 lalu.

Setelah itu generasi keempat Toyota Prius dihadirkan untuk pertama kalinya menjalani debutnya di ajang pameran automotif Las Vegas pada tanggal 9 September 2015 lalu. Dan sejak itu, segala hal tentang Toyota Prius telah berubah.

Model ini kemudian menjadi yang pertama sebagai mobil Toyota yang merasakan Toyota All New Global Architecture (TNGA). Bodinya yang semakin besar dan mengusung mesin baru yang lebih hemat bahan bakar yakni dengan mengusung mesin jenis 2ZR-FXE 4 silinder yang berkapasitas 1,8 liter dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 95 tenaga kuda.

Namun sayangnya TAM sendiri masih belum memutuskan untuk menghadirkan Toyota Prius terbaru itu untuk masik ke pasaran otomotif Tanah Air.

Dan sebagai gantinya, diketahui bahwa PT TAM telah meluncurkan Toyota Alphard Hybrid pada ajang IIMS 2016 pada bulan Maret lalu. Namun pastinya beda kelas dan juga beda harganya, mobil MPV Toyota Alphard hybrid sendiri di jual dengan harga dua kali lipat lebih mahal dari harga Toyota Prius sebelumnya, yakni di bandrol dengan harga sebesar Rp. 1,6 miliar.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.