Tips Aman dan Nyaman Ketika Dibonceng Agar Aman

Dibonceng ketika berkendara memang tidak perlu fokus dan memperhatikan jalanan layaknya pengendara di depan. Akan tetapi walaupun anda menjadi seorang yang dibonceng khususnya menggunakan sepeda motor, maka anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut, agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan nantinya.

Untuk masalah perlengkapan pengamanan sebagai orang yang dibonceng secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan pengendara. Hal yang pertama anda harus menggunakan pengaman kepala, helm yang berstandar SNI yang akan menjaga kepala anda jika dalam perjalanan mengalami benturan keras yang dapat membahayakan anda.

Yang kedua, tidak hanya pengendara saja yang harus menggunakan jaket, anda juga sebagai orang yang dibonceng gunakanlah jaket kemudian celana panjang, kalau bisa gunakanlah sepatu. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan kenyamanan ketika berkendara bertemu cuaca yang buruk, terpaan udara, polusi dan sinar matahari yang menyengat secara langsung.

Yang ketiga, setelah perlengkapan sudah tidak ada masalah, duduklah di atas motor sebagai orang yang dibonceng kemudian letakkan kedua kaki anda pada step belakang sebagai pijakan anda (kaki anda harus nampak pada footstep) guna menjaga keseimbangan anda.

Yang keempat, maka aturlah posisi duduk anda sedekat mungkin dari pengendara dan peganglah pingga pengendara dengan kedua tangan anda sebagai pegangan agar tetap terjaga keseimbangan ketika berkendara.

Tips yang terakhir ketiak kendaraan tersebut sudah melaju jangan sampai tangan anda sibuk dengan hal yang tidak berguna lainnya seperti memainkan hand phond, apalagi sambil bermain game atau membalas sms, jika anda ingin mengangkat sebuah panggilan yang mendesak sebaiknya anda jelaskan kepada pengendara depan agar menepi di tempat yang aman.

Tips Aman dan Nyaman Ketika Dibonceng Agar Aman | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5