TIPS AGAR MOTOR TETAP BERTENAGA DAN PERFORMA MESIN TETAP STABIL

Berbicara tentang motor tidak ada habisnya apabila dlihat dari perkembangan zaman yang sudah sangat modern mulai dari type manual, type matic dan type kopling yang biasa disebut moge (motor gede). Di indonesia pertumbuhan motor makin tahun ke tahun kian membludak akan permintaan konsumen terhadap berbagai jenis sepeda motor. Namun yang perlu di garis bawahi banyak pengguna motor yang hanya sekedar memakai motor tanpa memperhatikan performa dan kondisi motor. Mesin motor yang setiap hari digunakan tentunya pasti mengalami penurunan-penurunan baik stamina mesin, onderdil dan lain-lain. Dalam hal ini yang ahrus diperhatikan pengguna motor yaitu dengan menjaga kondisi dan performa motor.

Adapun tips- tips yang dapat dilakukan pengguna motor agar motor pribadi tetap bertenaga dan performa mesin tetap stabil :

  1. Mengganti oli secara teratur.

Motor itu hampir sama sepert manusia, kalau manusia butuh makan dan minum kalau di motor makannya oli dan minumnya bensin. Kebanyakan di dealer manapun merekomendasikan untuk setiap penggantian oli pada km 1500. Untuk kita nih yang memang lagi ngadet masalah keuangan gkppa untuk penggantian oli pada km 2000 namun itu sudah paling maksimal ya. Dikarenakan oli sangat berperan aktif disaat mesin sedang bekerja oli yang terus bekerja saat motor hidup lama kelamaan menjadi warna hitam. Apabila penggantian oli telat meyebabkan mesin kurang performa dan kebanyakan motor mengasap dan tenaga hilang dan harus di lemer itulah salah satu penyebab dikarenakan telatnya ganti oli.

  1. Menggunakan spare part yang asli.

Spare part yang asli memang lebih mahal dibandingkan spare part yang tiru-tiruan atau biasa yang kita sebut barang kw. Untuk pengguna motor yang mengiginkan motor tetap nyaman gunakan lah spare part yang asli dikarenakan penggunaan spare part yang asli lebih awet di bandingkan dengan spare part kw.

  1. Gunakan BBM yang memiliki oktan yang sudah memenuhi standar.

Akhi-akhir ini bahan bakar minyak pertalite muncul di indonesia, tujuandiadakannnya pertalite yaitu menggantikan posisi bahan bakar bensin (premium).kandungan oktan dalam pertalite yaitu 90 oktan sedngkan kandungan oktan premium yaitu 88 dalam hal ini jelas lebhi bagus kandungan okta pertalite dibanding premium untuk pembakaran bahan bakar dimesin motor, sedangkan untuk motor yang memiliki cc tinggi dianjurkan untuk menggnakan pertamax yang memiliki kadar oktan yang lebih tinggilagi.

  1. Menjaga kebersihan motor.

Mesin yang hidup lama kelamaan panas dan mengluarkan uap mesin, apabila mesin motor dalam keadaan kotor maka akan menghambat uap mesin untuk keluar sedangkan mesin motor yang tidak memiliki pendingn mtor atau radiator sangat rentan terjadi over head dikarenakan mesin yang terlalu panas.

Itulah tips-tips yang dapat digunakan agar motor kesayangan selalu dalam perporma stabilĀ  dan memiliki umur panjang seperi yang diinginkn, semoga bermanfaat….

TIPS AGAR MOTOR TETAP BERTENAGA DAN PERFORMA MESIN TETAP STABIL | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5