Sejarah dan Perkembangan Balap Motor

Sejarah dan Perkembangan Balap Motor
Sejarah dan Perkembangan Balap Motor

Sejarah dan Perkembangan Balap Motor

Siapa yang tidak tahu dengan balap motor. Balap motor ini banyak sekali digemari para muda mudi di tanah air. Tapi apakah anda tahu sejarah dari kejuaraan balap motor? perkembangan balap motor?. Nah, penasaran bukan?. Kali ini BINTOM akan memberi penjelasan dari sejarah kejuaraan balap motor dan perkembangan balap motor sampai sekarang.

Balap motor merupakan olahraga otomotif yang memang menggunakan sepeda motor. Balap motor di Indonesia sangatlah populer, khususnya road race. Setiap kali diberbagai daerah pasti diselenggarakan pertandingan balap road race dan lainnya.

FIM (Federasi International Motorcycle) selaku pemegang kendali dari organisasi dunia ini mengadakan kejuaraan dunia untuk pertama kali balap motor pada tahun 1949. Di acara tersebut perlombaan balap motor sudah dibagi menjadi beberapa kelas motor.

Kelas-kelas motor tersebut meliputi 50 cc, 125 cc, 250 cc, 350 cc, dan 500 cc untuk motor single seater, serta 350 cc dan 500 cc untuk motor sidecars.

Baca Juga :

Di sepanjang tahun 1950-an, motor bermesin 4 tak mendominasi seluruh kelas dan pada akhir 1960-an, motor bermesin 2 tak mulai menguasai kelas-kelas kecil.

Dari pertengahan tahun 1970-an hingga sampai saat tahun 2001 kelas puncak dari balap GP ini dibatasi 4 silinder dan kapasitas mesin 500 cc, baik jenis mesin 4 tak ataupun 2 tak.

Hal tersebut yang mengakibatkan yang mampu bertahan hanya mesin 2 tak yang hanya menghasilkan tenaga dan akselerasi yang besar. Perkembangan terus terjadi hingga saat ini.

Hingga saat ini nama asal Grand Prix dirubah menjadi MotoGP dan setelah tahun 2003, mesin 2 tak sudaah tidak diturunkan lagi di MotoGP. Untuk saat ini Balap MotoGP digelar 17 seri tiap tahunnya dan diselenggarakan di 15 negara yang berbeda.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.