Red Bull Ring Masuk Daftar, Usai Dorna Coret Indianapolis

motogp16

BintangOtomotif.com – Kalender sementara MotoGP untuk musim 2016 telah resmi dirilis oleh promotor balapan Dorna. Untuk musim 2016 ini para pembalap MotoGP akan melewati 18 seri balapan yang akan dimulai dari seri MotoGP Qatar di Sirkuit Losail. Dalam kalender yang sudah dirilis oleh MotoGP, ada beberapa perubahan dimana seri Indianapolis tidak dimasukkan dalam agenda. Memang selama ini banyak rumor yang beredar jika Dorna akan mencoret seri balapan di Sirkuit Indianapolis Motor Speedway dan saat ini secara resmi Dorna mencoretnya.

Keraguan mengenai masa depan GP Indianapolis memang sudah lama menyebar. Kabarnya yang menjadi masalah utama sehingga menyebabkan pencoretan pada GP Indianapolis adalah masalah keuangan dan logistik. Pembatalan balapan tahun depan sudah jadi keputusan bersama oleh pihak pengelola sirkuit, IMAS dan juga Dorna sebagai pemegang hak balapan Moto GP. Pihak IMS juga menyatakan jika ini semua memang disebabkan karena masalah dan logistik yang membuat acara tersebut tidak layak lagi di masa mendatang. Sebagai gantinya Dorna memasukkan Sirkuit Red Bull Ring pada agenda MotoGP musim 2016 mendatang.

Pihak IMS menambahkan ” Pada akhirnya penghapusan balapan Indianapolis menjadi kunci Dorna dalam upaya memperluas jadwal penyelenggaraan event dan keragaman geografis. Fans yang sudah terlanjur membeli tiket untuk menonton balapan 2016 akan mendapatkan penggantian penuh.”

Sirkuit Indianapolis sendiri sudah menggelar seri MotoGP sejak tahun 2008 silam. Menurut pihak pengelola sirkuit saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengejar peluang di bidang lain dan mendorong pendapatan yang lebih besar. Selain pernah menggelar seri MotoGP, Indianapolis Motor Speedway juga merupakan sirkuit legendaris yang terkenal dengan event balapan lokal khas Amerika yakni Seri IndyCar atau Indy500 dan juga balapan NASCAR. Selain beberapa event balapan tersebut ada juga satu balapan yang pernah diselenggarakan di sirkuit ini yaitu ajang balap Formula 1. Hilangnya seri Indianapolis membuat Amerika Serikat kehilangan satu seri balapan MotoGP lagi setelah sebelumnya Dorna juga mencoret seri Laguna Seca pada tahun 2013 lalu. Namun event balap yang akan mempertontonkan skill yang dimiliki oleh para pembalap profesional ini akan tetap hadir di Negeri Paman Sam karena masih ada seri balapan MotoGP Austin di Texas.

Balapan MotoGP 2016 akan dimulai di Qatar pada bulan Maret mendatang dan berakhir pada November di Valencia. Sejauh ini perubahan komposisi arena balapan MotoGP hanya menyangkut dicoretnya GP Indianapolis dan digantikan GP Austria di Sirkuit Red Bull Ring. Kabar yang cukup menarik adalah mengenai dua Negara Asia yang juga tengah mengincar satu seri untuk kalender MotoGP musim 2017 yaitu Thailand dan Indonesia.

Berikut adalah kalender sementara MotoGP 2016:

1. 20 Maret: Qatar, Doha/Losail
2. 3 April: Argentina, Termas de Rio Hondo
3. 10 April: America, Austin
4. 24 April: Spanyol, Jerez de la Frontera
5. 8 Mei: Perancis, Le Mans
6. 22 Mei: Italia, Mugello
7. 5 Juni: Catalunya Barcelona, Catalunya
8. 26 Juni: Belanda, TT Assen
9. 10 Juli: Jerman, Sachsenring
10. 17 Juli: Inggris, Silverstone
11. 14 Agustus: Austria, Red Bull Ring
12. 21 Agustus: Republik Ceko, Brno
13. 11 September: San Marino & Riviera di Rimini Marco Simoncelli Misano
14. 25 September: Aragon MotorLand, Aragon
15. 9 Oktober: Malaysia, Sepang
16. 16 Oktober: Jepang, Motegi
17. 23 Oktober: Australia, Phillip Island
18. 6 November: Valencia, Ricardo Tormo-Valencia

Red Bull Ring Masuk Daftar, Usai Dorna Coret Indianapolis | ojel htc | 4.5