Peyebab Tangki Motor Jadi Mudah Berkarat dan Cara Mengatasinya

Apakah motor anda pernah mengalami karat pada tangki motor? Kira-kira factor apa yang menyebabkan tangki bensin berkarat? Salah satu faktornya menurut Kepala Mekanik Astra Motor Jakarta, Eko Eddy Saputro, adalah kandungan air dalam bahan bakar.

“Jadi istilahnya ada kandungan air di dalam bahan bakar. Air kan berat jenisnya lebih berat dari bahan bakar, dia otomatis ada di bawah,” ucapnya kepada detikOto, di Bengkel Astra Motor, Dewi Sartika, Jakarta.

Untuk itu, Eko menyarankan beberapa cara untuk mencegah agar karat tidak terjadi pada tangki bensin. “Setahun sekali atau 10.000 km tangki dikuras, atau kalau motor jarang dipakai bensin diisi penuh,” ujarnya.

Eko menyarankan, agar jangan sampai tangki bensin kosong dalam waktu yang lama. “Paling enggak, kalau motor itu emang tidak dipakai lama, mendingan bensin dikuras, dibuang, atau diisi penuh,” ucapnya.

Selain itu, untuk pengurasan dikatakan Eko dapat dilakukan sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel. Namun Eko juga mengatakan lebih baik dibawa ke bengkel, karena takut salah dalam pemasangannya.

“Tapi disitu kan ada (karet) sil-nya, kalau pompa injeksi kan ada silnya, pompa bahan bakarnya. kalau salah pemasangan jadi tidak bisa hidup. Kalau kita kuras tangki harus bongkar semuanya. Fuel pump-nya dibuka, dibersihkan,” tutur Eko.

Untuk biayanya Eko mengatakan, pengurasan tangki bensin tergantung pada jenis motornya. “Kuang lebih untuk motor Sport Rp 30 ribu, kalau matik lebih mahal sekitar Rp 40 ribu, karena ngebongkarnya lebih ribet,” pungkasnya.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.