Pertarungan Honda HR-V VS Mitsubishi Outlander Sport PX VS Hyundai Tucson GLS II

BINTANGOTOMOTIF.COM – Pertarungan Honda HR-V VS Mitsubishi Outlander Sport PX VS Hyundai Tucson GLS II. mari kita ungkap tentang 3 perusahaan mobil terbesar bagian kedua. di antaranya adalah

Pengendaraan & Efisiensi

Bagi kami, sulit menentukan mana yang menyuguhkan pengendaraan dan pengendalian yang terbaik antara ketiganya. HR-V Prestige, Outlander Sport dan Tucson sama-sama menawarkan pengendalian yang presisi dan menyenangkan. Hanya saja bobot setir HR-V dan Tucson terasa jauh lebih ringan dibandingkan Outlander sehingga lebih memudahkan saat parkir.

Bedanya HR-V dan Outlander telah dibekali dengan paddleshift yang menambah sensasi berken-dara layaknya mengemudikan mobil manual, namun Outlander masih memberikan pilihan gear sequential pada tuas transmisi. Tucson menjadi satu-satunya yang tidak memiliki paddleshift sehingga sedikit mengurangi kesenangan berkendara, untungnya Hyundai masih menyematkan perpindahan gear sequential pada tuas transmisi.

Pada HR-V, posisi duduk yang ditawarkan cukup rendah seakan-akan duduk di dalam sebuah hatchback atau sedan. Sementara aroma DNA sport khas pabrikan tiga berlian terasa kental saat mengemudikan Outlander Sport. Nah, Hyundai Tucson juga memberikan posisi duduk yang terbi-lang cukup nyaman dan menawarkan suasana berkendara yang cukup tenang.

Saat berkendara di dalam kota ketiganya menyuguhkan akselerasi yang cukup impresif. HR-V dengan mesin 1.8 liter mampu meladeni dua rival yang memiliki kapasitas mesin di atasnya itu. Karakter HR-V Prestige begitu tenang namun saat diajak berakselerasi ia dapat menyuguhkan respon yang cepat. Begitu pun saat diajak bermanuver pada kecepat-an tinggi terasa sangat stabil. Outlander pun tak kalah agresif saat diajak berakselerasi, mesin 2.0 liter nya menyuguhkan performa yang responsif dengan pengendalian yang tajam khas Mitsubishi. Pengendalian di kecepatan tinggi Outlander Sport sangat impresif dan dapat menaklukan tikungan dengan mudah.

Sementara Hyundai Tucson terasa sangat ringan saat menyentuh pedal gas, seperti tidak berada di sebuah SUV kompak. Respon akselerasinya pun terasa menye-nangkan, hanya saja pengendaliannya terasa kurang jika dibandingkan dengan dua rivalnya. Terutama saat bermanuver di kecepatan tinggi, tampaknya ini pengaruh dari lingkar kemudi yang putarannya sangat ringan.

HR-V kami unggulkan berkat adanya fitur Cruise Control yang tidak dimiliki baik oleh Outlander Sport maupun Tucson. Fitur ini berkontribusi besar saat perjalanan luar kota di jalan bebas hambatan, Anda bisa mengistirahatkan kaki kanan sembari menjaga kecepatan di putaran mesin ideal. Fitur ini juga membantu untuk menjaga efisiensi kinerja mesin. Saat pengujian bahan bakar, HR-V Prestige mencatat kombinasi bahan bakar 15,07 kpl, Hyundai Tucson GLS mencatat angka kombinasi bahan bakar sebesar 12,14 kpl sedangkan Outlander Sport PX mencatat angka kombinasi bahan bakar sebesar 11,94 kpl.

Fitur Keselamatan & Keamanan

Bagi kami, fitur keselamatan merupakan salah satu pertimbangan utama saat memilih mobil. Pada Tucson GLS piranti keselamatan yang ditawarkan adalah sistem rem dengan ABS serta tersedianya airbag bagi pengemudi. Sementara Outlander Sport PX dan HR-V Prestige sama-sama memiliki sistem pengereman dengan ABS, EBD dan BA. Outlander Sport juga memiliki fitur keselamatan tambahan berupa Safety Release Brake Pedal yang akan melipat pedal rem kedalam saat terjadi benturan dari depan, untuk menghindari kaki pengemudi dari himpitan pedal rem.

Fitur Brake Override System juga terdapat pada Outlander Sport PX dan HR-V Prestige yang mendeteksi pengendalian tidak normal dan akan memperlambat laju mobil serta mengurangi akselerasi yang tidak diinginkan. HR-V Prestige juga telah dibekali fitur Emergency Stop Signal akan aktif dan menyalakan lampu hazard secara otomatis dalam interval pendek saat terjadi pe-ngereman mendadak.

Tak hanya itu, pada HR-V Prestige juga ada fitur yang turut membantu menjaga kestabilan seperti Motion Adaptive EPS (Electric Power Steering) dan VSA (Vehicle Stability Assist). VSA dapat mengurangi gejala oversteer maupun understeer berkat bantuan EPS yang membantu mengkoreksi arah mobil. Sedangkan VSA mampu mengurangi gejala slip dengan memberikan tekanan rem berbeda pada keempat roda secara bergantian saat pengereman di permukaan jalan berbeda. Sistem EPS dapat mengurangi gejala kendaraan oleng akibat tiupan angin kencang dari samping. Fitur lainnya yang cukup membantu adalah HSA (Hill Start Assist) yang memberikan kemudahan akselerasi saat kondisi stop and go pada kondisi jalan menanjak.

Outlander Sport PX dilengkapi dengan airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Sementara HR-V Prestige telah dilengkapi dengan airbag untuk pengemudi dan penumpang,  airbag samping serta side curtain airbag.

Dari segi fitur keamanan, ketiganya sudah dilengkapi dengan fitur immobilizer. Hanya saja, HR-V Prestige maupun Outlander PX sudah mengadopsi smart key dan engine start/stop. Pada Tucson GLS, masih mengadopsi kunci konvensional.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.