Persaingan Segmen Sport Underbone 150cc Telah Dimulai

bintom

Bintangotomotif.com – Suzuki Indonesia akhirnya telah membuka tabir penutup All New Satria F150. Pabrikan asal Jepang yang berlogo S itu secara resmi melaunching All New Suzuki Satria F150 yang saat ini sudah mengusung mesin injeksi. Dengan resmi meluncurnya Satrai F150 injeksi ini berarti pemain utama di kelas bebek sport 150cc sudah lengkap. Karena sebelumnya pabrikan asal Jepang lainnya yaitu Yamaha sudah mengawali pertarungan di segmen ini dengan memperkenalkan Yamaha MX King, kemudian disusul oleh Honda dengan juga meluncurkan produk baru mereka yaitu Honda Sonic 150R. Dengan melenggangnya All New Suzuki Satria F150 Injeksi ini memastikan bahwa kini tiga pabrikan asal Jepang yakni Honda, Yamaha dan Suzuki sudah memiliki andalan mereka masing – masing pada kelas bebek sport bermesin 150cc. Dengan sudah lengkapnya seluruh personil menandakan jika genderang persaingan pun sudah siap untuk ditabuh.

Kehadiran dari All New Suzuki Satria F150 ini memang sudah lama ditunggu. Sebenarnya Suzuki Satria versi karburator hingga saat ini masih mampu untuk menguasai segmen sport underbone 150cc. Namun dengan kehadiran dari Yamaha MX King dan juga Honda Sonic 150cc yang masing – masing sudah mengusung teknologi injeksi membuat pihak Suzuki tidak tinggal diam. Suzuki Satria yang telah lama menduduki singgasana segmen sport underbone 150cc telah di perbarui sehingga siap bersaing dengan dua pesaing berat Suzuki. Menjadi model terakhir yang dikeluarkan oleh Suzuki ke pasar otomotif tanah air bukan berarti All New Suzuki Satrai F150 ini tanpa persiapan yang matang. Suzuki Indonesia sudah memberikan persiapan khusus pada model terbarunya ini.

Hal yang menarik muncuk saat chief engineer All New Satria, Misturu Tachikawa menyampaikan presentasinya yang mengatakan bahwa di kelasnya, model motor bebek hyper underbone andalan Suzuki yang saat ini sudah mengusung teknologi injeksi itu menjadi bebek 150cc tercepat. Dibandingkan dengan dua kompetitornya yaitu Yamaha MX King dan Honda Sonic 150R, performa Suzuki Satia F150 versi injeksi ini diklaim selalu berada diatas. Kesimpulan itu tidak diambil begitu saja, melainkan dari hasil uji internal, semua itu juga dilengkapi dengan grafik yang ditunjukkan oleh Tachikawa. Pada grafik tersebut terlihat jika pada semua sektor All New Satria F150 ini mampu melewati para kompetitornya, dia juga menjelaksan jika pada model lama yang masih menggunakan karburator, satria sudah berada di atas kompetitor. Dan Suzuki Satria siap mengulanginya dengan versi terbarunya ini.

Diatas kertas, perbandingan torsi dan tenaga maksimal All New Satria F150  ini memang berada di atas dua pesaingnya. Misal tenaga yang mampu dihasilkan motor tersebut tercatat sebesar 13,6 Kw pada putaran 10.000 rpm. Sementara itu kedua rivalnya yaitu Honda Sonic 150R hanya mampu mencatatkan power maksimal di angka 11,5 Kw pada 9.000 rpm, dan Yamaha MX King di angka 11,3 Kw pada putaran 8.500 rpm. Semua ini disebabkan karena adanya teknologi canggih seperti dual spray injector yang dikendalikan secara otomatis oleh ECM (Electronic Control Module). Lalu untuk konstruksi mesinnya, All New Satria F150 sudah mengusung DOHC (Double Overhead Camshaft) dengan 4-Valve setting angle yang lebih rapat dan valve diameter yang lebih besar sehingga membentuk mesin seperti sebuah motor balap. dengan bore 62 mm dan stroke 48,8 mm, Suzuki Satria F150 FI diklaim memiliki tenaga yang sangat garang dikelasnya yaitu power maksimum 18,4 hp/10.000 rpm dan torsi puncak bisa mencapai 13,8 Nm/8.500 rpm.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.