Perhatikan Bagian Ini, Karna Membuat Nyamanan Berkendara Saat Hujan

Indonesia merupakan Negara yang memiliki dua musim yaitu panas dan penghujan. Banyak keluhan pemilik kendaraan ketika menghadapi musim hujan. Akan tetapi pemilik kendaraan yang bijak bukanlah orang yang hanya mengeluhkan hal tersebut saja, malinkan memikirkan solusi ampuh yang harus dilakukan.

Ketika hujan turun deras membuat seolah-olah adalah musuh bagi pengendara yang melintas dijalanan yang membuat mobil mereka menjadi mudah kotor. Dan juga setelah hujan reda sering kali membuat jalanan menjadi tergenang air hingga mengakibatkan kerusakan.

Oleh sebab itu bagi pengendara yang sering melakukan perjalanan jauh di musim penghujan harus lebih sering lagi mengecek kondisi mobilnya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Service Manager Plaza Toyota Parman Suanda mengatakan, hal yang paling penting untuk diperhatikan saat mengendarai dikala hujan adalah keberadaan wiper. Alat ini memang berguna untuk menyapu air dari kaca sehingga pandangan menjadi jernih dan leluasa.

“Jadi kalau sudah kelihatan karetnya keras atau retak harus diganti. Ciri-ciri harus diganti yaitu saat akan menyapu air, sapuannya tidak bersih dan tidak rata, itu harus diganti,” ungkap Parman pemilik bengkel Plaza Toyota cabang jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur.

Hal berikutnya yang harus dilakukan pengecekan yaitu bagian sistem suspensi. Bagian ini, kata Parman sangat penting mengingat suspensi berkaitan dengan kenyaman. Bagian suspensi bermasalah, lanjut dia, bisa terdeteksi dari suara berderit, bahkan ada juga saat ayunan di dalam mobil tak enak kemudian terdengat bunyi jedug.

“Biasanya suspensi ini sering masalah karena kena lubang. Apalagi pas hujan yang tidak tahu kondisi jalannya tiba-tiba masuk jalur bergelombang atau berlubang,” jelasnya.

Selain itu, bagian yang harus diperhatikan berikutnya adalah sistem pengereman. Sebab, dimusim hujan terkadang membuat bagian rem lebih cepat basah dan terendam. Hal ini pula yang membuat rem lebih sering berdecit. Pastikan rem berfungsi dengan baik dan memiliki ketebalan yang telah ditentukan.

Perhatikan Bagian Ini, Karna Membuat Nyamanan Berkendara Saat Hujan | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5