Penyebab Utama Kabin Mobil Keluarkan Bau Tak Sedap

Salah satu faktor pendukung kenyamanan ketika berkendara salah satunya adalah AC, perangkat kecil lah yang menjaga suhu di dalam mobil selalu sejuk dan nyaman. Selain menciptakan suasana yang sejuk, AC mobil juga memiliki fungsi lainnya seperti ketika hujan turun secara otomatis cuaca dari luar kabin akan lebih dingin sehingga tidak sebanding dengan udara di dalam kabin.

Ketika saat itu AC dimatikan, maka akan timbul kabut atau embun pada kaca mobil. Hal tersebut tentunya akan mengganggu jarang pandang ketika berkendara yang membahayakan baik itu pengendara maupun orang sekitarnya.

Oleh sebab itu jika fungsi AC sudah bermasalah akan mengurangi kenyamanan ketika berkendara. Untuk menghindari hal tersebut anda bisa mencegahnya dengan melakukan perwatan secara berkala dan menghindari potensi yang mengakibatkan kerusakan pada AC Mobil agar tetap bekerja secara maksimal.

Tapi ada permasalahan lain yaitu jika AC masih menghembuskan dingin tapi di iringi bau yang tidak sedap dari dalam kabin, apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau tersebut.

“Ac mobil menjadi bau itu bisa disebabkan dari penggunaan mobil yang sembarangan. Soalnya jika pengawi yang digunakan untuk mengharumkan dalam kabin itu kualitasnya rendah, akan cepat kotor evarporator dan sulit untuk dibersihkan, “ jelas Dede, mekanik bengkel resmi Honda di Panglima Polim, Jakarta.

Dia juga menjelaskan kotoran dan debu yang menempel pada kabin menjadi potensi utama jika hembusan AC menjadi bau dan tidak dingin lagi. Biasanya kotoran dan debu itu akan menempel ketika berkendara dengan kondisi jendela sering terbuka dan penggunaan alas kaki yang kotor.

“jika dalam kabin sering kotor, maka kotoran tersebut akan cepat menempel pada evaporator dan menimbulkan jamur. Jika sudah demikian, ketika AC membutuhkan penyaringan dari evaporator udara yang dihasilkan menjadi bau tidak sedap,” jelasnya.

Selain hal itu jika anda sering merokok dalam mobil, sehingga asap rokok akan terhisap oleh kabin dan itu sebenarnya tidak baik. Karna asap rokok yang mengandung nikotin itu akan mudah menempel pada evaporator dan nantinya akan menjadi leher. Hal ini juga bisa menyebabkan AC menjadi kotor. “Makanan yang kerap membekas aromanya seperti makanan siap saji, dan terutama buah durian,” katanya.

Penyebab Utama Kabin Mobil Keluarkan Bau Tak Sedap | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5