Penyebab Karburator Banjir dan Solusi Mengatasinya, Paling Gampang.

Walaupun pada saat ini hampir semua pabrikan motor sudah menerapkan system injeksi pada keluaran barunya, akan tetapi perlu diingat pengguna sepeda motor beroda dua yang masih menggunakan karburator jauh lebih banyak.

Peran karburator pada sepeda motor adalah sebagai pengkabutan bahan bakar dalam hal ini adalah bensin ke dalam silinder. Akan tetapi jika sudah terlalu lama masa pakainya maka karbulator akan mengalami masalah seiringnya waktu. Salah satu masalah yang sering terjadi pada karburator yang sudah masa pakainya lama adalah banjir atau bensin yang ada didalamnya meluap. Lantas apa penyebab karburator banjir? Berikut penjelasannya,

Penyebab karburator banjir

Ksrburator banjir itu disebabkan needle valve yang tidak menutup secara sempurna. Pada bagian bawah karburator terdapat sebuah ruang pelampung digunakan untuk menampung bensin sementara. Di dalamnya terdapat sebuah pelampung yang terhubung dengan needle valve. Fungsi dari needle valve adalah sebagai katup untuk menutup dan membuka aliran bensin dari tangki ke karburator.

Ketika bahan bakar di runga pelampung berkurang maka needle valve akan terbuka, sehingga bensin bisa mengalir. Sedangkan ketika ruang pelampung sudah terisi penuh dengan bahan bakar minyak maka needle valve akan secara otomatis menutup saluran tersebut.

Akan tetapi jika fungsi dari needle valve sudah tidak sempurna akan mengakibatkan needle valve tidak menutup secara sempurna, sehingga bahan bakar minyak akan meluap atau yang lebih dikenal dengan karburator banjir.

Cara dan solusi mengatasi karburator yang banjir

Sebenarnya cukup mudah mengatasi karburator yang banjir,

Langkah pertama lepas karburator dari silinder head dengan melepas kedua bautnya diikuit melepas kabrl gas dan kabel cuk. Akan tetapi jika anda masih menggunakan filter udara standar, lepas tersebih dahulu filter tersebut akan mempermudah pelepasan karburator.

Langkah kedua, ketika karburator sudah terlepas dari silinder, selanjutnya bongkar karburator tersebut dengan melepas keempat baut yang ada dibagian bawah. Jika sudah buka ruang pelampung maka akan terlihat sebuah pelampung yang terbuat dari bahan plastic. Lepaskan pelampung tersebut dengan cara menarik keluar sindiknya, maka pelampung akan terlepas bersama needle valve.

Langkah ketiga, melakukan penyetelan dengan cara membengkokkan keatas sedikit saja logam yang digunakan untuk dudukan needle valve.

Langkah terakhir, Jika sudah pasanglah kembali pelampung beserta needle valvenya dan lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk (yang berhubungan dengan selang bensin), dan gerakan pelampung keatas dan kebawah. Pastikan bahwa ketika pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve dapat menutup penuh. Jika belum pas, lakukan penyetelan ulang.

Penyebab Karburator Banjir dan Solusi Mengatasinya, Paling Gampang. | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5