Pentingnya Sandaran Kepala Saat Kecelakaan, Ini Alasannya

Fungsi headrest atau sandaran kepada pada kendaraan roda empat, bagi masyarakat umumnya mungkin hanya sekedar penunjang kenyamanan dalam berkendara jauh. Disisi lain juga, sudah banyak beredar video dan instruksi mengenai sandaran kepala yang dapat digunakan sebagai pemecah kaca jendela jika mengalami kondisi yang darurat.

Kebanyakan orang hanya beranggapan fungsi dari sandaran kepala pada kendaraan roda empat hanya sekedar itu, padahal tidak banyak yang mengetahui bahwa pentingnya fungsi headrest ketika mengalami kecelakaan, yaitu sebagai penopang leher.

Karna ketika mengelami kecelakaan kecil maupun besar, tubuh anda akan secara otomasi akan terlempar ke depan, karna menggunakan sabuk pengaman maka secara otomatis badan anda akan tertarik kebelakang lagi dan akan menghantam headrest. Headrest tersebut memang didesai dengan bahan yang lembut sehingga ketika terjadi benturan keras, kepala tidak terlalu cidera, dan bagian leher tetap diposisi lurus.

Coba anda banyangkan jika headrest pada kendaraan roda empat tidak ada, pastinya leher anda akan menekuk kebelakang akibat pentalan yang amat keras. Dan jika hantaman tersebut keras, maka akan berisiko pata leher.

“Fungsi headrest sangat penting. Kalau kecelakaan dia akan menahan leher. Kalau tidak ada, dampaknya akan sangat membahayakan,” ucap Anjar Rosjadi selaku elaku Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor.

Pentingnya Sandaran Kepala Saat Kecelakaan, Ini Alasannya | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5