Pedrosa Berjaya, Lorenzo Akhiri Seri Italia Dengan Kesedihan

gp

 

BintangOtomotif.com – Setelah kemarin malam balapan bergengsi MotoGP usai degelar di Sirkuit Marco Simonceli berakhir dengan anti klimaks dan penuh aksi menegangkan karena cuaca yang terus berubah – ubah selepas race dimulai. Start dari posisi terdepan Marc Marquez dan Jorge Lorenzo sebenarnya memiliki peluang yang cukup besar untuk bisa meraih kemenangan pada balapan ini guna untuk bisa mendekati poin dari pemuncak klasemen sementara yaitu Valentino Rossi. Pada awal balapan sirkuit Marco Simonceli dalam keadaan kering namun setelah 6 race berlangsung hujan mulai turun dan akhirnya memaksa para pembalap untuk masuk ke pit guna mengganti motor mereka.

Meskipun begitu tiga pembalap yang di prediksi akan meraih kemenangan pada race ini Lorenzo, Rossi dan Marquez yang pada saat itu berada di depan masih bisa mempertahankan posisi mereka. Lorenzo nyaris saja terjatuh ketika insiden tabrakan hampir saja terjadi setelah Lorenzo dan Marquez berebut keluar pit stop tapi beruntung kedua pembalap yang berbeda pabrikan motor ini tidak sampai mengalami kecelakaan. Sementara sang maestro Valentino Rossi yang ingin mengambil tempat pertama harus tertahan akibat tertahan oleh laju dari Andrea Lannone saat berada di pit sehingga memaksa pembalap tuan rumah tersebut tertinggal 4 detik dari rekan setimnya Lorenzo.

Menariknya cuaca kembali berubah saat balapan tersisa 11 lap dan pihak tim Yamaha meminta Lorenzo untuk masuk ke pit untuk segera mengganti kendaraan, namun Lorenzo menolak hal tersebut dan terus berusaha mengejar Rossi yang pada saat itu berada di posisi terdepan. Sementara itu sang rival Marquez lebih memilih untuk masuk kembali ke pitdan mengganti kendaraan saat memasuki lap ke 20, tentu hal yang sangat menguntungkan sekali bagi Marquez karena memakai ban yang tepat saat kondisi aspal sudah mulai mengering. Sementara strategi yang diterapkan oleh Lorenzo ini harus dibayar mahal karena pada putara ke 21 Lorenzo masuk ke pit serta di susul Rossi 1 lap kemudian. Akhirnya MArquez sukses meraih podium pertama dari negeri Pizza dan disusul kemudian di urutan kedua ada Bradley Smith, di ikuti oleh Scott Reading di peringkat ketiga serta Loriz Bazz dari Forward Racing. Ambisi Valentino untuk meraih kemenangan di negaranya sendiri harus pupus setelah dirinya hanya mampu berada di peringkat ke lima.

Meskipun demikian Rossi masih berhak menempati peringkat pertama klasemen sementara dengan mengumpulkan 247 poin dan menjauhkan dirinya dari peringkat kedua yang di tempati oleh Lorenzo setelah pesaingnya tersebut gagal menyelesaikan balapan usai terjatuh ketika balapan menyisahkan 7 putaran. Sementara Marquez yang berhasil finish di urutan pertama sukses menambah 25 poin dan saat ini dirinya menambah ponnya menjadi 184 poin.

Jika dalam seri yang tersisa Rossi selalu berada di lima besar bukan tidak mungkin mimpinya untuk merebut gelar juara dunia yang ke 10 bisa terwujud.

Berikut klasemen sementara MotoGP 2015 usai seri Italia:

1. Valentino Rossi – Yamaha – 247

2. Jorge Lorenzo – Yamaha – 224

3. Marc Marquez – Honda – 184

4. Andrea Iannone – Ducati – 159

5. Bradley Smith – Yamaha – 135

6. Andrea Dovisiozo – Ducati – 128

7. Dani Pedrosa – Honda – 109

8. Danilo Petrucci – Ducati – 93

9. Pol Espargaro – Yamaha – 81

10. Cal Crutchlow – Honda – 79

11. Maverick Vinales – Suzuki – 69

12. Aleix Espargaro – Suzuki – 66

13. Scott Redding – Honda – 63

14. Yonny Hernandez – Ducati – 41

15. Loris Baz Yamaha – Forward – 28

16. Alvaro Bautista – Aprilia – 23

17. Hector Barbera – Ducati – 23

18. Jack Miller – Honda – 16

19. Nicky Hayden – Honda – 12

20. Stefan Bradl – Aprilia – 11

21. Michele Pirro – Ducati – 8

22. Eugene Laverty – Honda – 7

23. Mike Di Meglio – Ducati – 7

24. Hiroshi Aoyama – Honda – 5

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.