Mengenal Komponen Utama Mesin Sepeda Motor

Sepeda motor merupakan salah satu jenis alat transportasi yang jumlahnya lebih jauh ketimbang jumlah kendaraan yang lainnya. Bahkan dikota satu rumah terkadang memiliki lebih dari satu. Serta motor memiliki beberapa komponen penting, itu juga alasan kenapa sepeda motor tidak dapat ditutup, karna setiap komponen yang terdapat pada motor tersebut didapatkan dari beberapa perusahaan yang memproduksinya. Jika mematikan sepeda motor itu artinya mematikan ratusan bahkan ribuah perusahaan yang memproduksi komponen sepeda motor.

Ada tiga komponen penting pada sepeda motor yang sangat penting perannya yaitu kepala silinder, blok silinder dan bak engkol. Tiga komponen tersebut bisa dibilang sebagai tulang punggung kendaraan, berikut penjelasannya.

Kepala silinder

Fungsi dari kepala silinder tersebut yaitu sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan juga sebagai tempat dudukan busi. Kepala silinder ini bertumpu di atas blok silinder. Pada titik tumpunya dipasang atau disekat oleh gasket yang berguna untuk mencegah kebocoran kompresi.

Sedangkan bahan dasar kepala silinder adalah alumunium campuran dengan tujuan lebih tahan panas dan tahan karat pada suhu tinggi serta kontruksinya ringan. Pada bagian kepala silinder terdapat sirip-sirip yang berfungsi untuk membantu melepaskan panas mesin, atau yang sering disebut sebagai pendingin udara.

Blok Silinder Mesin

Fungsi dari blok silinder adalah sebagai tempat bergeraknya piston. Sedangkan blok silinder piston memiliki dua komponen yang digabung menjadi satu, yaitu silindr liner dan blok silinder yang saling melekat.  Kedua bagian tersebut dibuat secara terpisah dengan tujuan ketika silinder liner tingkat keausahnnya sudah berlebih akibat gesekan dengan piston, maka silinder ini dapat diganti.

Pada silinder liner ini yang bergesekan langsung dengan piston tidak bisa lepas dari pelumas agar mengurangi tingkat keausan walaupun masih mendapat pelumas tetap saja keausan tidak bisa dihindari. Oeh sebab itu pengecekan rutin pada silinder liner harus dilakukan dengan bantuan dial indikator. Sedangkan funsi sirip-sirip pada silinder adalah sebagai pendingin mesin melalui udara yang masuk ke kisi-kisi atas celah sirip tersebut.

Bank Engkol Mesin

Fungsi bak engkol mesin adalah sebagai tempat dari komponen-komponen yang ada di dalamnya seperti generator, kopling, gigi transmisi, pompa oli, poros engkol, dan penampung oli. Sedangkan bahan dasar bak engkol mesin adalah alumunium die casting dengan sedikit campuran logam, bak engkol letaknya ada dibagian bawah slinder mesin.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.