Mau Mengecat Bodi Mobil? Ini Waktu Yang Tepat

Setiap pabrikan mobil tentunya sudah membekali stiap mobil keluarannya dengan penampilan yang elegan dan menawan, sehingga bisa memikat para calon konsumen. Walaupun selalu melakukan perawatan yang berkala seiring berjalannya waktu, kondisi eksterior akan mulai menyusut baik itu warna menjadi kusam atau bodi lecet-lecet.

Pastinya kondisi warna mobil yang telah kusam dan bodi yang sudah lecet-lecet membuat anda bosan melihatnya. Dan solusi yang paling tepat adalah melakukan pengecetan ulang. Akan tetapi perlu diingat, anda harus tau waktu-waktu yang pas untuk melakukan pengecetan.

Menurut salah satu pemilik bengkel spesialis custom bumper dan body kit Berkat Auto FIber, Hendrik, menjelaskan, bagi pemilik kendaraan roda empat yang ingin melakukan pengecatan bodi mobil, bumper, side skirt atau spoiler disarankan untuk tidak melakukannya ketika kondisi mendung atau hujan.

“Hujan sudah pasti tidak akan bisa untuk mengecat. Kalau mendung juga akan mengurangi kualitas warna catnya‎. Jadi kalau bisa pas panas terik, kalau tidak jangan dipaksain nanti warna catnya kurang maksimal,” ujar Hendrik.

Akan tetapi jika mendesak dan anda tidak ada waktu banyak, Hendrik menjelaskan ada cara lain bagi anda yang tetap ingin mengecat ulang mobil anda yang cukup tepat walaupun kondisi cuaca yang mendung atau hujan, yaitu dengan menggunakan teknik oven.

P‎engecatan dengan teknik Oven, menurut Hendrik, akan lebih maksimal. Sebab, pancaran panas bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Selain itu, partikel-partikel seperti kotoran atau debu-debu‎ tidak akan mudah menempel, karena ada alat khusus untuk menyedotnya.

“Cuma yang pasti harganya akan jauh lebih mahal, dan tergantung ukuran mobil dan warnanya,” pungkasnya.

Mau Mengecat Bodi Mobil? Ini Waktu Yang Tepat | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5