Kelebihan Pertamax Dibanding Premium Dan Efeknya Pada Sepeda Motor

Kebijakan pemerintah untuk mengurasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) sehingga bahan bakar bsersubsidi atau premium dengan bahan bakar non-subsidi hanya sedikit berbeda harganya. Ini merupakan salah satu trik dan solusi pemerintah untuk mengurangi anggaran Negara dengan mengalihkan bahan bakar bersubsidi, sehingga pengeluaran APBN bisa diminimalisir ditambah lagi memang hutang Negara yang semakin membengkak. Jika Negara selalu mengeluarkan subsidi pada tiap tahunnya maka itu akan berdampak pada hutang yang semakin membengkak.

Selain itu juga denga menaik turunkan harga bahan bakar yang bersubsidi, secara tidak langsung dapat membiasakan masyarakat dengan harga yang tinggi, sehingga mereka berfikir lebih baik menggunakan partamax ketimbang premium yang harganya tidak jauh berbeda.

Ini merupakan trik pemerintah untuk menguba mainsaid masyarakat yang beranggapan harga partamax mahal menjadi murah. Sehingga akan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan permatax, lalu bagaimana efek partamax jika digunakan untuk sepeda motor?

Kelebihan pertamax dengan premiu

Pada tahun 1999 pertamax pertama kali dikeluarkan oleh PT Pertamina, Pertamax merupakan bahan bakar andalan yang dimaksud untuk menggeser Premix 98. Dengan harga yang dibandrol lebih tinggi dibandingkan dengan premium, tentu saja Pertamax memiliki beberapa kelebihan. Jika anda masih bingung apa saja kelebihan menggunakan Pertamax, sebaiknya perhatikan ulasan dibawah ini:

  1. Pertamax adalah bahan bakar tanpa timbal yang didalamnya mengandung zat aditif generasi 5 yang bersifat detergensy. Jadi andai kata didalam bahan bakar terdapat kotoran maka akan dibersihkan dengan zat aditif tersebut. Dengan demikian beberapa komponen seperti injektor dan ruang bakar akan lebih terjaga kebersihanya. Zat ini tidak ada pada bahan bakar bersubsidi atau premium.
  2. Perbedaan pertamax dan premium salah satunya adalah pada nilai oktan. Pertamax memiliki RON (researc oktan number) 92 sedangkan Premium hanya 88. Nilai oktan sendiri merupakan nilai yang menunjukan ketahan bahan bakar terhadap tekanan kompresi. Semakin tinggi nilai oktan maka juga semakin tahan terhadap tekanan kompresi. Dengan demikian sepeda motor yang memiliki kompresi tinggi sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar pertamax. Jika dipaksakan untuk menggunakan premium maka ada kemungkinan menyebabkan knocking atau ngelitik. Knocking ini sagat berpotensi untuk merusak komponen mesin.
  3. Pada motor dengan kompresi tinggi, maka dengan menggunakan bahan bakar pertamax bisa menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna yang berujung pada emisi yang rendah. Dengan demikian Pertamax juga bisa dikatakan lebih ramah lingkungan.

Apa Akibat Mengoplos Pertamax dan premium ?
Mungkin diantara anda pernah mengoplos pertamax dan premium. Jika tujuan anda untuk meningkatkan nilai oktan hal tersebut sah-sah saja dilakukan dan tidak merusak mesin. Mencampur antara pertamax dan premium akan berdampak secara linear terhadap nilai oktan. Misalnya jika anda mengoplos dengan perbandingan 1:1 maka nilai oktan yang didapatkan adalah 90 yakni dari pertamax 92 dan premium 88. Akan tetapi pertamax mengandung zat pembersih sementara premium tidak. Dengan demikian zat aditif pada pertamax tidak berfungsi secara optimal, lantara komposisinya telah berubah.

Kelebihan Pertamax Dibanding Premium Dan Efeknya Pada Sepeda Motor | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5