Jok Berbahan Kain Mobil Anda Kotor, Tak Perlu Panik

Khusus bagi anda yang memiliki mobil dengan jok berbahan kain, jangan perlu khawatir jika jok sudah mulai kotor dan terkena noda. Masih ada banyak macam cara untuk membersihkan noda yang menempel atanpa harus membungkusnya dengan sarung jok semi kulit.

Menurut Koko, penggawa Seven Signature yang menjadi salon perawatan mobil menjelaskan, untuk menghilangkan noda pada jok berbahan kain tidak bergitu sulit, bahkan bisa dilakukan dengan sendiri dirumah. Akan tetapi perlu memperhatikan langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama, kamu harus menyiapkan cairan all purpose cleaner, sikat gigi bayi dan vaccom cleaner. “Alasan kenapa memilih sikat gigi bayi, dikarnakan bulu sikatnya yang lembut, sedangkan all purpose adalah cairan khusus yang memiliki banyak guna yang salah satu fungsinya dapat mengangkat noda pada bahan kain,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan sebelum membersihkan jok kain dengan cairan tersebut ada baiknya anda melakukan pembersihan menggunakan vaccom cleaner untuk menyedot debu terlebih dahulu, tujuannya agar kotoran yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang terangkat sehingga pada sela-sela kainpun tidak terlewati.

Kemudian setelah itu baru mencampurkan cairan tersebut dengan air menggunakan satu wadah dengan perbandingan air lebih banyak. Kemudian celupkan sikat gigi yang sudah disiapkan tadi kedalam wadah yang terdapat cairan cleaner tadi kemudian baru menyikatnya.

“Perlu diperhatikan ketika menyikat joknya, diusahakan satu arah. Karna jika menyikatnya dengan dua arah yang berbeda itu akan merusak bahan fabric,” jelas dia.

Menurut dia jika belum hilang juga noda yang menempel, maka lakukanlah berulang kali sampai hilang. Biasanya dengan dua sampai tiga kali saja sudah hilang. Akan tetapi setiap noda berbeda – beda, ada yang mudah dibersihkan dan ada yang sulit. Dia mencontohkan jika tetesan kopi atau noda sejenis lainnya, itu terbilang sulit maka banyakkan lagi cairan cleanernya.
“Jika noda sudah hilang, bisa gunakan kanebo kering untuk menempelkannya pada objek yang habis dibersihkan untuk mengangkat air agar jok tidak basah. Kalau ada, Anda bisa gunakan vaccum cleaner yang dapat menyedot air,” katanya.

Jok Berbahan Kain Mobil Anda Kotor, Tak Perlu Panik | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5