Inilah Penyebab Suspensi Mobil Keras atau Rusak

Kenyaman ketika mengendarai sebuah mobil tentunya menjadi faktor yang harus diutamakan. Banyak perangkat dan fitur-fitur yang membuat nyaman pengendara salah satunya adalah kondisi suspensi. Bagaimana jadinya jika suspensi pada mobil itu terlalu keras ayunannya atau bahakan telah rusak. Tentunya hal tersebut akan berdampak pada kenyamanan ketika berkedara, mobil akan tidak stabil. Lantas apa yang menyebabkan suspensi seperti itu?

Suspense mobil terasa keras itu disebabkan karna oli pada sock absorber yang bocor, sehingga gerakan kembali dari suspense akan berlangsung secara cepat yang mengakibatkan suspense terasa keras. Kebiasaan berkendara juga berperan pada bocornya oli tersebut. Selain itu juga ada beberapa penyebab lain yang membuat suspensi mobil terasa keras berikut penjelasannya:

  • Menerabas lubang

Model berkendara yang dapat membuat suspense cepat bocor salah satunya yaitu berkendara dengan kecepatan tinggi tanpa memperhatikan kondisi jalan yang dilalui sehingga ketika terdapat lubang tetap saja dilabas.

  • Mengerem ketika melintasi jalan berlubang

Ataupun mengerem ketika melintasi jalan yang berlubang, ketika di rem maka beban kendaraan akan bertumpu di depan sehingga membuat suspense bekerja lebih keras.

  • Pemasangan upper mounting tidak tepat.

Apabila bearing upper mounting meleset maka akibatnya suspensi atau sockbreker tidak bisa duduk dengan benar. Akibatnya suspensi bekerja melebihi batas. Oleh karena itu dalam pemasangan suspensi harus diperhatikan betul jangan sampai meleset.

  • Usia

Masa pakai atau usia pakai merpakan hal tidak bisa dihindari karna setiap barang memiliki masa pakai yang berbeda, jika masa pakainya sudah lama bisa jadi oli didalamnya bocor sehingga suspense mobil terasa keras. Suspensi yang bocor bisa dilihat dari debu yang menempel tebal di bagian tertentu.

Jika oli sockbrecker sudah bocor sebenarnya ada beberapa bengkel yang bisa memperbaikinya. Biasanya disebabkan oleh silnya yang sudah rusak. Namun jika mau tak ambil resiko ya ganti dengan yang baru.

Inilah Penyebab Suspensi Mobil Keras atau Rusak | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5