Ini Tiga Penyebab Knalpot Motor Keluarkan Asap Putih

Kendaraan roda dua terkadang menjadi andalan di tengah-tengah padatnya aktivitas. Ini karna motor termasuk kendaraan yang lebih ramping dan lincah sehingga lebih tepat digunakan untuk menembus macatnya jalan raya. Akan tetapi terkadang kita menemukan motor yang mengeluarkan asap putih dari tempat pembuangan gas atau knalpot.

Sejatinya kendaraan roda dua tersebut tidak mengeluarkan asap, jika memang mengeluarkan asap maka itu artinya mesin motor terserbut bermasalah. Salah satu penyebab masalah motor mengeluarkan asap putih tersebut adalah olu yang masuk dalam ruang pembakaran. Ini dikarnakan jika pemilik kendaraan jarang melakukan servis dan tidak mengganti oli secara rutin. Sedangkan salah satu penyebab oli bisa masuk ke ruang pembakaran antara lain adalah:

Pertama dikarnakan ring piston yang sudah lemah. Biasanya ring piston yang sudah tua tidak presisi lagi dengan komponen liner atau dengan komponen utama pada mesin, sehingga hal tersebut dapat memicu oli atau pelumas dapat masuk dalam ruang pembakar.

Kedua karna seal klep yang bocor. Jika seal klep terdapat kebocoran atau dapat bocor ketika seal tidak elastis lagi maka sebaiknya anda menggantinya secara berkala.

Ketiga karna dinding liner tergores, dikarnakan sifat oli yang cair sehingga layaknya cairan lainnya yang bisa merembes ke cela-cela dinding liner yang tergores. Hal tersebut juga bisa memicu oli masuk kedalam ruang bakar.

Ini Tiga Penyebab Knalpot Motor Keluarkan Asap Putih | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5