Ini Teknologi yang Buat Mobil Makin Ringan Tapi Kuat

Pada beberapa tahun terakhir ini banyak dari pabrikan kendaraan ingin mencari solusi bagaimana menciptakan bahan dasar mobil tersebut dengan bahan yang ringan namun kuat. Hal itu dilakukan dikarnakan agar kendaraan yang dihasilkan lebih efesian.

Untuk saat ini baru masih ada satu solusi agar teciptanya kendaraan yang ringan namun tetap kuat, yaitu serat karbon menjadi pilihan utama bagi produsen mobil sport yang ingin menciptakan mobil yang ringan namun kuat. Hal ini sangat cocok dipakai untuk kendaraan yang bermotif sport, dengan beban yang ringan tersebut bisa membuat mobil melaju lebih cepat dari yang biasanya, sedangkan kuatnya bahan tersebuut untuk menghindari kecelakaan yang besar sehingga dengan body yang kokoh bisa menjaga keselamatan yang berada pada kendaraan tersebut. Namun harganya juga cenderung lebih mahal.

keinginan untuk memproduksi serat karbon dalam jumlah yang banyak memang sangat diinginkan namun hal yang demikian belum bisa ditemukan solusinya. walaupun kendala tersebut sudah mulai diatasi oleh BMW berkat teknologi yang digunakannya yaitu Carbon Core pada Seri 7 terbaru.

Seiring bertambahnya tahun teknologipun sangat pesat pertumbuhannya. Sebagaimana yang telah dilaporkan motorauthority pada hari Selasa tanggal 5 Januari 2016, hasil penelitian dari UCLA Henry Samueli School of Engineering di Los Angeles menyatakan, mereka telah mendapatkan jawabannya yaitu sebuah susunan baru untuk sebiah logam baru yang bisa dipasang pada bagian tubuh kendaraan.

Bahkan ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa logam tersebut memiliki sifat yang sama seperti serat karbon, yaitu ringan namun kokoh. Dalam jurnal ilmiyah Nature dijelaskan bahwa. Dengan percampuran antara ceramic silicon carbide sebesar 14 persen dan magnesium sebesar 86 persen. Dapat menghasilkan sebuah logam baru yan ringan namun kuat.

Telah dinyatakan bahwa magnesium yang sudah secara keseluruhan telah digunakan pada mobil maka akan menjadi ringan dan tidak kaku. Sebaliknya jika sebuah logam baru memiliki rasio kaku-bobot yang sangat menguntungkan, yang dikenal di kalangan ilmiah sebagai modulus.

Setelah melakukan pengujian perdananya ternyata menghasilkan sebuah rekor baru. Dengan beberapa paduan logam campuran, menghasilkan logam yang bernilai tinggi bahkan bisa sangat tangguh dalam suhu yang tinggi.

Sehingga bahan yang seperti ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan matrial pesawat terbang, mobil, bangunan rumah bahkan bisa digunakan untuk bahan pesawat luar angkasa. Meski demikian mereka terus melakukan percobaan dan telah menemukan sebuah metode yang sudah tidak mengandalkan magnisium lagi.

Ini Teknologi yang Buat Mobil Makin Ringan Tapi Kuat | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5