Ini Motor Matik Pertama di Indonesia, Harus Baca

Vespa yang lebih dikenal dengan nama Corsa ini diperkenalkan pada 1984 di negara asalnya, Italia.

Ketika Yamaha mengeluarkan motor Yamaha Nouvo yang diperkenalkan di Asia Tenggara pada tahun 2002, orang mengira bahwa motor tersebut adalah pelopor sepeda motor matik pertma di Indonesia. Ternyata itu tidak demikian. Pelopor matik di indonesia adalah Vespa PK 125.

Vespa yang lebi akrap dengan nama Corsa ini diperkenalkan pada tahun 1984 dinegara asalnya yaitu Italia. Dan di indonesia motor ini diperkenalkan pada tahun 1991 lewat agen tunggal pemegang merek (ATMP) PT dan Motor Vespa Indonesia, yang sudah mendapat lisensi penuh dari Pianggio, Italia.

ciri khas motor ini adalah tidak adanya pedal rem belakang umumnya ada di dek kanan bawah. Pedal ini dipindah ke stang kiri, menggantikan tuas kopling sebagaimana yang terdapat pada vespa manual.  Dulunya jenis Vespa ini sanga booming dan banyak digemari di kalangan rider perempuan karna menggunakan transmisi otomatis. Karna transmisi otomatisnya ini mirip seperti tren motor matik modern yang muncul pada awal abad-20. Apaladi dimensinya kecil karena menggunakan platform small rfame seperti vespa PTS 90 dan 100.

Pada bagian Vepa Corsa ini dilengkapi dengan lampu utama yang berbentuk bulat, serta sein disatapnya, untuk jok pengemudinya dibuat menyadu, dan box tempat dan cadangan tidak menggelembung. Kaki pengendara juga bisa leluasa bergerak karna bagasi depan yang ramping.

Corsa memiliki mesin 2 tak dengan kapasitas 121 cc yang memiliki out put maksimal hampir mencapai 7 Tk pada putaran mesin 5600 rpm. Yang membuat motor dapat melaju sampai kecepatan 90 km/jam. Dua starter di-instal untuk memasangkan mesin, elektrik dan kick starter.

Karna motor ini tidak mampu menyaingi merek lain yang dipasaran maka motor ini diberhentikan produksinya pada tahun 2006. Walaupun demikian masih ada beberapa orang pecinta matik yang menyimpannya bahkan masih dioprasikan, dan ada juga yang menjualnya yang tertulis Vespa PK 125 bekas yang diberi hara Rp 6,5 juta.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.