Ini Fitur Defogger pada Mobil, Apa Fungsinya?

Meskipun sudah sering mengendarai mobil baik itu pemilik kendaraan atau yang belum memilikinya, ternyata tidak menutup kemungkinan bahwa mereka mengenali fitur-fitur yang terdapat pada mobil tersebut, masih banyak juga dikalangan masyarakat yang belum memahaminya apa fungsi dari fitur tersebut. Salah satu contohnya adalah defogger.

Tombol defogger ini selalu menempel pada bagian dekat setir mobil, yang bisa kita kenali dengan berlogo seperti embun. Tidak hanya pemilik yang baru pertama kali memiliki mobil saja yang masih belum mengerti apa fungsi dari defogger tersebut. Melainkan pemilik mobil yang sudah lamapun masih bngung untuk mengenali fungssi dari logo embun tersebut. Lalu apa sebenarnya kegunaan dari tombol berlogo embun tersebut?

Ternyata defogger memiliki fungsi yang penting pada mobil terlebih lagi jika hujan, menurut Budi Setiyawan, Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cempaka Putih, Jakarta.

“Fungsi dari defogger itu untuk memerikan energy panas terhadap kabut yang menempel pada kaca mobil bersih, sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengendara terlebih lagi untuk jarak pandang penglihatan,” jelas dia.

Dia juga menjelaskan untuk mengaktifkan defogger itu dengan cara manual. Dan letaknya juga tidak jauh dari setir mobil, dengan tujuan untuk memudahkan pengendara. Agar fungsi dari defogger itu masih maksimal, maka lakukanlah perawatan secara berkala.

Budi juga menjelaskan bahwa ada dua jenis defogger, yaitu jenis yang menggunakan udara dan juga elektrik. Pada kaca depan mobil biasanya defogger memanfaatkan udara yang masuk ke dalam mobil melalui ventilasi yang berada dibagian dasbor. Sedangkan pada baigan belakang kaca mobil menggunakan defogger elektrik.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.