Ini Dia Evolusi Honda CBR1000RR di INTERMOT 2016

honda-cbr1000rr-sp-sp2

bintangotomotif.com – Jika berbicara soal motor gede, siapa yang tidak tau tentang motor gede dari Honda yang sekilas memiliki banyak kesamaan desain dengan sepeda mtor Honda yang memiliki mesin lebih kecil, seperti pada Honda CBR250R dengan Honda CBR1000RR SP. Muali dari desain lampu kemudian bodinya terlihat hampir sama dan hal ini tentunya merupakan hal negatif bagi sang pemilik moge Honda tersebut, karena dengan memiliki desain yang sama otomatis prestise yang dirasakan akan berkurang karena orang lain akan melihat motor tersebut hanya sepeda motor biasa saja dan kurang terlihat sebagai motor gede.

Nampaknya hal ini sudah mulai disadari oleh Honda, mereka saat ini sudah mulai mengganti desain antara sepeda motor besar dan kecilnya, lihat saja motor – motor keluaran terbarunya yang terkesan tajam dan layered.  Kesempatan di arena INTERMOT 2016 di Cologne, Jerman. Honda kembali mengenalkan sepeda motor versus barunya yakni Honda CBR1000RR SP. Seperti yang kita ketahui terlebih dulu CBR1000RR SP mempunyai design yang begitu serupa dengan adiknya yakni CBR250R, tetapi untuk jenis 2017, Honda membuat revisi keseluruhan tampangnya hingga sepeda motor ini tampak jauh tidak sama di banding pendahulunya.

Dari sisi design, menurut kami sepeda motor ini benar benar begitu keren!. Tetaplah mempunyai ciri khas Honda paling baru dengan design lampu tajam dengan bohlam Full LED tetapi dengan design yang begitu racy dengan tekukan tekukan tajam, overall untuk japanese supersports 1000cc, Honda CBR1000RR SP ini mempunyai design yang paling baik jika disandingkan dengan rival paling dekatnya baik Yamaha R1, Suzuki GSX-10000R ataupun Kawasaki ZX10R.

Pada bidang mesin, Honda CBR1000RR SP ini memanglah memakai mesin yang sama juga dengan pendahulunya. Namun tunggu dulu, walau sama mesinnya sudah di tuning oleh Honda dengan sebagian oprekan di bidang engine management serta kompresi hingga tenaga nya bertambah 11HP jadi 189hp serta nyaris mendekati sang flagship yakni RCV213V-S. Selain sudah di tuning lagi. mesin ini dapat memperoleh feature Throttle by Wire control dengan Acceleration Position Sensor, dengan tiga model berkendara yakni Model 1 untuk berkendara di track ataupun sirkuit. Model 2 untuk ingindaraan normal serta sporti. Model 3 untuk berkendara nyaman didalam kota. Tak seperti Honda CBR250RR yang cuma mengatur tanggapan mesin serta bukaan gas, pada Honda CBR1000RR SP, riding model nya juga mengatur traction control serta tingkat kekerasan suspensinya. Semuanya kecanggihan itu digabungkan dengan transmisi manual 6 percepatan dengan quickshift untuk perpindahan gigi yang lebih cepat ala ala MotoGP.

Berlanjut pada sektor sasis dan handling, banyak hal yang spesial ditemukan pada supersport ini. Pertama adalah sasis twin sparnya yang telah direvisi sehingga lebih ringan 14kg dibanding dengan pendahulunya dan lebih ramping. Kedua adalah penggunaan suspensi Öhlins S-EC , dengan tipe NIX30 untuk bagian depan dan TTX36 pada bagian belakang yang tentunya sangat unggul dalam sektor manapun. Ketiga, yang paling spesial, sepeda motor ini dilengkapi dengan Suspension Control Unit (SCU) yang dilengkapi dengan sensor Giroskop untuk membantu untuk membaca pergerakan motor dengan sangat akurat sehingga Traction Control dapat memberikan assist pada pengemudi di berbagai kondisi jalan dan pada situasi apapun. Sistem pengereman sepeda motor ini juga didukung oleh Full Brembo Braking system dengan C-ABS khas Honda.

Ini Dia Evolusi Honda CBR1000RR di INTERMOT 2016 | ojel htc | 4.5