Ini Dampak Oli Yang Jatuh Pada Permukaan Tanah dan Cara Membersihkannya

Ketika anda ingin menuangkan oli mesin, jangan sampai tumpah kepermukaan karna oli mesin yang tumpah ke permukaan bisa merusak lingkungan. Dengan cukup hati-hati dan fokus ketika anda ingin menuangkan oli mesin kedalam mesin. Dengan demikian tidak aka nada oli mesin yang akan tumpah kepermukaan, jikalau ada mungkin hanya sebagian dikit.

Menuangkan oli mesin bukanlah pekerjaan yang begitu sulit. Hanya dengan membuka pada bagian bawah untuk mengeringkan oli yang berada didalam mesin, kemudian langsung menuangkan oli yang baru melalui saluran masuk oli, agar lebih mudah memasaukannya gunakanlah corong yang agak besar, sehingga terjangkau ketika anda menuangkan oli dari botol.

Akan tetapi seperti penjelasan diatas walaupun pekerjaan ini dibilang mudah jika anda melakukannya dengan ceroboh atau terburu-buru alias tidak sabar dalam proses penggantian, hal tersebut bisa membuat oli bekas atau yang baru tumpah kepermukaan.

Mungkin ketika masih pemula menumpahkan oli kepermukaan, mungkan anda akan merasa bersalah akan tetapi ketika hal tersebut sudah anda lakukan kesekian kalinya, anda akan merasa biasa saja. Nah bagi anda yang selama ini tidak merasa bersalah ketika menumpahkan oli mesin pada permukaan tanah, maka hendaklah dari sekarang berubah. Mengapa demikian? Karna tumpahan satu liter oli bisa merusak 20 ribu gallon air menum atau setara dengan 946 ribu liter air.

Bila secara tidak sengaja menumpahkan oli, segera bersihkan agar tak berdampak pada lingkungan. Dilansir dari doityourself, berikut adalah cara membersihkan oli motor yang tumpah.
Langkah pertama, ketika oli tumpah ke permukaan segeralah bersihkan. Bila anda memiliki kompon pembersih, maka gunakanlah. Jika tidak punya, maka manfaatkanlah tisu untu menyerap oli yang tumpah pada permukaan tersebut.

Langkah kedua, semprotkan sabun pencuci pering, bisa sabun colet yang sudah dicampur air atau jenis lainnya dan air hangat pada tumpahan oli mesin yang tumpah tadi. Dengan cara ini oli akan mengental dan lebih mudah dibersihkan. Untuk mengangkat oli mesin yang sudah mengemulsi itu, gunakanlah sikat untuk semir sepatu.

Terakhir, bersihkan noda oli yang tersisa pada permukaan. Untuk ini Anda bisa menggunakan gemuk berenzim umum. Agar hasilnya maksimal baca petunjuk pemakaian. Jangan lupa untuk membuang sampah hasil proses pembersihan oli itu pada tempatnya. Semoga bermanfaat

Ini Dampak Oli Yang Jatuh Pada Permukaan Tanah dan Cara Membersihkannya | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5