Ini Cara Mengetahui Ciri-ciri Kampas Kopling Motor Sudah Habis

Kampas kopling merupakan peranti yang harus diperhatikan, karna kampas kopling juga memiliki masa pakainya. Kampas kopling yang terdapat pada motor akan habis usia pakainya jika memang sudah tidak layak pakai lagi, hal itu dikarnakan beberapa hal, salah satunya seperti pemakaian kendaraan yang asal.

Kampas kopling memiliki peran yang sangat penting pada sepeda motor, seperti menyalurkan tenaga mesin ke transmisi. Maka anda janga kaget ketika kinerja motor tidak maksimal lagi jika kampas kopling bermasalah, yang pada akhirnya kinerha akan terganggu.

Menurut Ahin, penggawa Sumber Motor Sport di kawasan Depok II, Jawa Barat, untuk mengetahui masa pakai kampas kopling sepeda motor, ada empat cara untuk mengetahui tanda kampas kopling tersebut masih dalam kondisi baik atau tidak layak pakai lagi.

  1. Akselerasi lemah

Ciri pertama yang menandakan kampas kopling buruk adalah akselerasi mesin lemah, kata dia. “Jika kampas kopling sudah habis, biasanya akan mengakibatkan melemahnya tenaga yang mentrasfer ke mesin, pada akhirnya akselerasinya juga melemah. Kalau top speed sendiri sebenarnya tak berpengaruh, namun butuh waktu untuk memaksimalkan kecepatan alias agak lemot,” kata Ahin.

  1. Selip kopling

Ciri yang kedua adalah selip kopling. Gejala yang sering timbul ketika kampas kopling dalam kondisi buruk adalah selip kopling, akan tetapi gelaja selip kopling tidak hanya muncul ketika kampas kopling habis saja, melainkan disebabkan juga oleh oli mesin yang tidak cocok.

  1. Starter los

Ciri yang ketiga adalah starter los. Hal tersebut bisa dirasakan ketika ingin  menghidupkan motor dengan kaki atau kick starter. Ketika diengkol akan terasa ringan. Hal ini juga dapat disebabkan oleh kampas kopling yang aus atau sudah habis,” jelasnya.

  1. Putaran mesin tinggi

Putaran mesin yang tinggi disebabkan oleh akselerasi yang melemah dan kampas kopling sudah mulai licin. Sehingga dapat mempengaruhi mesin kemudia menjadi lebih tinggi putarannya walau kecepetaan motor standar.

Sebenarnya kampas kopling yang sudah aus bisa diketahui oleh banyak pengguna kendaraan, akan tetapi kebanyakan dari mereka tidak menyadari hal tersebut, seperti:

Ketika kecepatan tinggi, rasanya ditarik selip dan ngeden. Spesifiknya dirasainpas dibawa jalan selip dan keras dibawa jalan,” kata Syarif. Kemudian keitka melewati jalan yang menanjak, kopling motor terasa tidak memompa secara maksimal sehingga membuat akselerasi motor ketika menanjak berkurang. Oleh sebab itu perlunya perawatan secara berkala dan penggunaan kendaraan yang tidak sembarangan.

Ini Cara Mengetahui Ciri-ciri Kampas Kopling Motor Sudah Habis | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5