Ini Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Mengendarai motor sport memang terdengar mudah akan tetapi masih banyak orang yang menanyakan bagaimana cara mengendarai motor sport bagi pemula yang mayoritas motor tersebut menggunakan kopling manual. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya semua jenis motor memiliki kopling baik itu bebek atau sport hanya saja ada perbedaan disetiap jenis motor.

Fungsi dari kopling adalah sebagai pemutus dan penghubung putaran dar engine ke transmisi yang berada di dalam sepeda motor. Sedangkan yang dimaksud dengan motor kopling disini adalah motor yang menggunakan kopling manual. Kebanyakan kopling manual dipasang pada motor sport.

Bedanya ketika menggunakan motor bebek jika ingin mengoper gigi maka tinggal menginjak tuas transmisi jasa itu dikarnakan adanya kopling otomatis, akan tetapi dibalik itu ada kelemahan yang berupa banyak mengurangnya pada kopling otomatis tersebut. Hal tersebut menjadi alasan kenapa motor sport tidak menggunakan kopling otomatis.

Jika ingin mengoper gigi pada motor sport maka anda harus memainkan tuas kopling yang ada pada setang kemudi. Selain itu juga ada perbedaan lain yaitu pola perpindahan giginya 1-N-2-3-4-5 umumnya motor yang menggunakan kopling manual seperti itu. Untuk memindahkan gigi dari netral ke 1 maka injak tuas transmisi ke bawah atau kedepan, sedangkan untuk perpindahan gigi dari 2 sampai 5 gerangkan tuas transmisi ke atas atau kebelakang. Ikuti tips ini bagi anda yang masih awal belajar motor sport:

  1. Hidupkan motor dengan memosisikan ON
  2. Posisikanlah transmisi pada posisi netral agar lebih aman, dengan ditandakan menyalanya lampu indicator yang berwarna hijau biasanya. Kemudian tekan tombol starter. Yang perlu diperhtikan ketika menekan tombol starter adalah jangan lebih dari 3 menit menekannya, karna jika melebihi 3 menit amka aki akan tekor.
  3. Untuk menjalankan motor, masukan pada gigi 1, dengan menarik terlebih dahulu handle kopling kemudian baru injak tuas transmisi kedepan.
  4. Letak kesulitan bagi orang yang pertama mengendarai motor kopling disini. Ketika ingin berjalan terkadang mereka terlalu mendadak melepas kopling yang akan mengakibatkan motor menjadi mati. Oleh sebab itu perlahanlah dalam melepas kopling dan sambil memutar handle gas dengan perlahan juga.
  5. Jika motor sudah berjalan maka mulailah melepas tuas kopling. Jika sudah berjalan kira-kira 10km/jam maka lakukanlah penggantian gigi 2 dengan menekan tuas kopling dan ijkan tuas kopling kearah belakang. Jangan ragu untuk menekan tuas kopling, tekanlah secara penuh sampai benar-benar terpisah dari putaran mesin. Ini bertujuan untuk menghemat kampas kopling sepeda motor anda. Lakukanlah dengan cara yang sama jika anda ingin menambah gigi atau menguranginya.
  6. Jika anda ingin berhenti maka tariklah tuas kopling kemudian posisikan tuas gas pada titik normal dengan memutar atau melepas handle, serta diringi menekan tuas rem.
  7. Kemudian kembalikan gigi transmisi pada posisi 1 kemudian posisikan pada posisi netral dengan cara mengungkit tuas transmisi ½ saja, jika penuh maka akan masuk pada gigi 2.
  8. Jika sudah pada posisi netral, maka baru anda bisa mematikan motor dengan memutas kontak pada posisi Off.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Ruangan komen telah ditutup.