Ini Cara Mengantisipasi V-Belt Motor Matik Putus

Anda pastinya sudah tidak asing lagi mendengar V-Belt motor matik yang putus di tengah perjalanan atau bahkan anda sendiri pernah mengalaminya? Ditengah kesibukan anda dan ingin mengejar waktu, hal seperti ini pastinya sangat mengganggu anda sehingga perjalanan semakin tidak nyaman.

Masalah V-Belt matik yang putus memang menjadi momok bagi pengguna motor matik. Akan tetapi menurut Alex, mekanik Muara Besar di Cipinang Timur, Jakarta Timur, mengatakan bahwa motor yang mengalami putus sebenarnya bisa diantisipasi sejak dini. Untuk memastikan, bagi pengendara harus mengecek V-Belt secara berkala, terlebih lagi ketika ingin melakukan perjalanan agar tidak terjadi kejadian V-Belt putus di pertengahan perjalanan.

“Sebenarnya hal tersebut bisa di antisipasi oleh pengguna motor matik, jika pada tarikan awal motor matik bergetar, itu artinya V-Belt sudah masanya untuk segera di ganti dengan yang baru. Karna sejatinya pengguna harus melakukan penggantian V-Belt sebelum 25 ribu km,’’ jelas Alex.

Jika anda bermalas-malasan untuk melakukan pengecekan secara rutin, maka itu akan berakibat pada kendaraan anda sendiri, yaitu akan putus di tengah perjalanan anda sehingga akan merepotkan anda. Selain itu juga, V-Belt yang mengalami putus dipertengahan jalan juga akan mengakibatkan roller peyang dan rumah roller jadi rusak.

‘’Jangan dipaksain, karna efeknya sangat berbahaya ketika nantinya dikendarai,’’ jelas dia.

Menurut Alex, ketika motor mengalai putus di tengah perjalanan, maka motor tersebut harus di bawa ke bengkel terdekat untuk dibenarkan. ‘’Kalau sudah begitumah ya, harus langsung dibawa ke bengkel terdekat saja. Setidaknya mekaniknya lebih paham mengenai mesinnya ketimbang anda, jangan sembarangan, karena efeknya juga akan merusak komponen lainnya jika tidak terlalu paham,’’ tuturnya.

Ini Cara Mengantisipasi V-Belt Motor Matik Putus | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5