Ini Alasan Nyalakan Mesin Harus Dengan Starter Engkol, Kenapa?

Dengan adanya fitur starter pada sepeda motor tujuannya adalah untuk memudahkan pengendara ketika ingin mengidupkan kendaraannya tesebut. Terlebih lagi disisi lain memang menggunakan strarter lebih simpel dan lebih ringan ketimbang menggunakan starter engkol atau kick starter.

Akan tetapi perlu diketahui dibalik mudahnya menggunakan starter tersebut ternyata tidak diperkenankan untuk sering mengunakan starter tersebut, karna starter elektrik juga ternyata juga dapat membuat kendaraan anda semakin pendek masa pakainya. Hal tersebut juga telah dibenarkan oleh Arif, kepala bengkel Suzuki di kawasan Pondok Bambu.

Dia mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang menjadi penyebab tak berfungsinya starter pada sepeda motor. Seperti adanya kerusakan pada salah satu komponen yang saling terintefrasi dengan starter.

“Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada sepeda motor, para mekanik biasanya akan mengecek setiap komponen yang ada hubungannya dengan starter seperti aki, relay dan dynamo,” kata Arief.

Dia menjelaskan mengenai langkah perbaikan yang diperlukan setiap komponen pada sistem starter pada motor itu memiliki ciri khas masing-masing. Dia menjelaskan jika terjadi kerusakan pada dynamo maka komponen yang terlebih dahulu harus dicek adalah sikat, apakah brush sudah aus.

“Anun jika terjadi kerusakan pada komponen relay maka itu tidak bisa diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru. Berbeda halnya denanga aki yang rusak, karna aki yang rusak masih bisa untuk diperbaiki”, jelasnya.

Menurutnya cara yang paling ampuh untuk tetap menjaga starter agar panjang masa pakainya adalah melakukan pencegahan atau perawatan dari dini.

 

Ini Alasan Nyalakan Mesin Harus Dengan Starter Engkol, Kenapa? | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5