Ini 3 Cara Ampuh Pilih Tweeter Mobil

Kebanyakan para pemilik kendaraan mobil ketika ingin memasang audio mobil biasanya tweeter akan dipasang belakangan. Sedangkan untuk memiliki dan memasangnya ada beberapa langkah-langkha yang harus dipertimbangkan kembali.

Menurut Ronny Wihardja, General Manager Mastekindo, yang memasarkan produk Cello, semestinya ada tiga langkah yang harus diperhatikan dalam pemasangan tweeter pada mobil, berikut penjelasannya:

Langkah pertama, usahakan harus matching dengan mid bass-nya.

“Tweeter harus kompatibel dengan speaker orisinalnya, ya. Kalau tweeter kan ada jangkauan frekuensi, terus ada yang dinamakan dengan detailnya. Ada juga sensitivitasnya. Jadi saran pertama ya harus matching dengan mid bass-nya seperti apa, tingkat sensitivitasnya berapa dB. Cari yang cocok, karakternya juga harus cocok,” ujarnya.

Langkah kedua, untuk cara yang paling mudah dan lebih aman untuk orang yang kurang pengetahuan mengenai hal tersebut, maka pilihlah audio yang sudah dipaketkan produsen karna penataannya sudah pasti sesuai.

“Kalau di pabrikan kan biasanya sudah sepaket tweeter mid bass sama pasif, mereka pasti otomatis sudah matching.”

Langkah terakhir, yang tidak kalah penting  juga, adalah posisi tweeter, di manakah pabrikan mengeset bagian itu.

“Kalau mid bass kan sudah pasti di pintu ya. Kalau di luar negeri, tweeter ini biasanya taruhnya bukan di dashboard. Bisa di kick panel, atau di pilar A, atau di pintu. Yang penting itu, kita cocoknya pakainya di mana.”

Ini 3 Cara Ampuh Pilih Tweeter Mobil | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5