Hati-hati, Air Hujan Bisa Masuk ke Tangki Motor Sport

Bagi pecinta otomotif yang menggunakan motor sport untuk meunjang aktifitas sehari-hari, perhatikan lagi dengan seksama tangki bensin motor anda ketika berkendara dalam kondisi hujan. Posisi tangki yang ada di bagian luar motor dapat mengakibatkan air hujan meresap masuk ke tangki, jika motor terus menerus terguyur oleh hujan.

“Ya kalau dia (motor) terus menerus (diguyur hujan) mas, tapi kalau hanya sekelebat sih engga, tapi kalau dia posisinya diam, diguyur hujan terus menerus ya pasti lah,” ujar Kepala Mekanik Astra Motor Jakarta, Eko Eddy Saputro, saat ditemui detikOto, di Bengkel Astra Motor, Dewi Sartika.

Selain tangki bensin yang terus menerus terguyur oleh air hujan, ada hal lain yang perlu diperhatiakan yaitu dapat mempengaruhi sil atau karet-karet tangki. “Karetnya jadi mengeras, jadi ga bagus. Ya karena sehingga airnya lebih mudah masuk,” tutur Eko.

Oleh sebab itu jika anda masih sering memarkitkan di tempat yang terbuka sehingga air hujan bisa dengan mudah mengguyur tangki motor, maka tempatkanlah pada lokasi yang tertutu. Jika memang tidak ada tempat yang tertutup, semisal menepi di tengah perjalanan maka yang disarankan menutupi tangki motor anda dengan mantel yang anda gunakan.

“Kalau (posisi motor) di luar, kalau misalkan dalam kondisi hujan, ya mendingan ditutup. Karena pasti akan ngerembes (jika tidak ditutup), karenakan kan terus menerus, kecuali hanya sekelebat sih enggak,” kata Eko.

Hati-hati, Air Hujan Bisa Masuk ke Tangki Motor Sport | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5