Fungsi Fitur ‘Overdrive’ di Mobil Matik

Bagi pengguna mobil dengan transmisi otomatis, tentunya anda akan selalu berhadapan dengan fitur overdrive atau yang lebih disebut dengan O/D OFF yang kerap muncul pada odometer mobil. Akan tetapi walau sering berhadapan langsung dengan fitur overdrive tersebut terkadang para pengguna mobil tidak mengetahui secara pasti apa fungsi dan kegunaan dari fitur tersebut.

Menurut kepala Bengkel Auto2000 Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Budi Setiyawan, fitur overdrifer yang terdapat pada mobil bertransmisi otomatis tersebut berfungsi untuk memaksimalkan kecepatan pada mobil matik.

“Semisal fitur overdrive ada di kendaraan matik tertentu, ketika tenaga mesinnya kurang maksimal, maka dengan adanya fitru overdrive ini mobil mendapatkan speed tambahan ketika dinyalakan,” jelas Budi, kepala Bengkel Auto2000 Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Dia juga menjelaskan fitur overdrive ini juga berfungsi untuk membantu menurunkan posisi gear serta membuatnya tidak naik lagi, sehingga perputaran mesin dan torsinya meningkat.

“Dengan adanya fitur overdrive pada mobil bertransmisi otomatis, maka mobil matik tersebut akan mulus menanjak tanpa perlu ancang-ancang ketika sedang melewati jalan yang menanjak,” jelas dia.

Kata dia, jadi ketika menanjak dan memindahkan gear ke posisi Drive (D), cukup menekan tombol overdrive, maka secara otomatis mobil matik akan mendapatkan kecepatan tambahan. “Cata mengaktifkannya juga tidak sulit, cuman dengan memencet tombol yang terdapat pada gagang persneling, maka kemudian akan beroprasi,” jelas dia.

Akan tetapi saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan teknologi yang lebih canggih dengan menggunakan transmisi otomatis terbaru serta dibekali dengan fitur Triptonik (+/-) atau mode L, untuk mencegah transmisi pindah ke posisi maksimal saat menanjak.

Fungsi Fitur ‘Overdrive’ di Mobil Matik | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5