Departemen Transportasi Amerika Ciptakan SIM Dalam Bentuk Aplikasi HP

SIM (surat izin mengemudi) adalah salah satu sarat yang harus selalu standbay ketika meneyetir. Namun ada beberapa kendala yang membuat orang lupa membawanya yaitu kanra keburu-buru sampai dompet pun tidak terbawa, atau nyelip karna baru dibereskan namun lupa menaronya.

Mungkin dikarnakan kartu sim tersebut masih dalam keadaan fisik yang sering ditaro didompet, jika dompet terjatuh atau tertinggal, alamat. Bisa jadi kedepannya SIM akan berupa menjadi aplikasi.

Sedangkan cara kerjanya ketika anda kena tilang polisi ketiaka di jalanan kemudian anda diminta untuk menepi, ketika itu HP anda secara otomatis langsung mengluarkan peringatan untuk meminta izin anda menunjukan SIM (surat izin mengemudi) kepada polisi yang bertugas menilang anda di ponsel milik petugas tersebut. Hal ini bisa memudahkan para pengendara yang sering ketinggalan SIM nya, jika SIM tersebut sudah berada pada HP berarti sudah aman. Karna jarang orang ketinggalan HPnya walau hal-hal yang sangat mendesak. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa HP adalah istri kedua yang selalu ada pada setiap saat.

Jika anda ditilang polisi anda bisa langsung memindahi sidik jari anda kemudian anda bisa langsung membayar biaya tilang anda langsung melalui HP. Sedangkan petugas polisi tidak perlu mengeluarkan surat tilangnya.

Ini lah gambaran awal proses pemantauan model baru yang diterapkan untuk polisi disaat penilangan. Proses ini yang rencananya akan diterapkan di Lowa, Amerika Serikat. Departemen Ttransportasi lowa mengeluarkan biaya hingga US$ 40.000 untuk mendukung terciptanya sistem SIM online tersebut.

Total karyawannya berjumlah 15 yang dipekerjakan untuk menjadi pengendali program yang disebut mobile driver’s license’ atau mDL. Aplikasi iOS yang ditambahkan ini sebgaimana yang diberitakan Car And Driver mengenalkan SIM Virtual yang bisa dizoom atau dikecilkan layaknya foto pada umumnya.

Diharapkan dengan keberadaan teknologi SIM terbaru tersebut dapat mengurangi biaya produksi pembuatan SIM yang berupa fisik yang dikeluarkan pemerintah. Dan Buda korupsi juga misa diminimalisir.

Derektur Transportasi Lowa mengatakan “kita bisa melakukan transaksi yang lebih simpel dan terpercaya”. ujarnya kepada Bagian Kendaraan Bermotor Mark Lowe. Bukan berarti hal yang seperti ini sudah terhindar dari kendala atau hambatan, bisa jadi kendalanya seperti kondisi HP yang masih low atau memang didaerah tersebut sanat buruk sinyalnya, sehingga sangat susah untuk mengakses sidik jari, dikarnakan sistem tersebut adalah online. Bisa juga perbuatan curang para hacker yang mencuri identitas orang lain, atau menggantinya. Bahkan hal ini sangat rawan terjadi pada era yang sangat maju teknologinya.

Departemen Transportasi Amerika Ciptakan SIM Dalam Bentuk Aplikasi HP | Kuncoro Mangunsubroto | 4.5